Di tengah maraknya kampanye go green, banyak kaum muda yang mulai menata taman di rumah. Selain membuat udara makin sejuk, keberadaan tanaman tersebut membuat tampilan hunian kian cantik dan asri. Aneka jenis dedaunan dan bunga tersebut bisa ditanam di tanah, pot, maupun dengan cara kokedama.

Sama halnya dengan fesyen atau desain interior, tren pemilihan jenis tanaman pun terus bergulir. Kamu tentu masih ingat bagaimana hits-nya anthurium atau gelombang cinta beberapa tahun lalu. Nah, kali ini ada berbagai jenis tanaman yang diminati oleh ibu-ibu millenials. Bentuknya yang unik, namun simple membuat tanaman pun terlihat Instagram-able.

Penasaran seperti apa sih dedaunan dan bunga yang Instagram-able? Berikut lima jenis tanaman kekinian yang sedang hits di media sosial.

1. Monstera

Tanaman1
Tanaman Monstera atau Philodendron pertusum bisa dibilang sebagai tanaman paling hits di kalangan ibu-ibu millenials. Buktinya, si Monstera ini banyak banget muncul di postingan Instagram atau blog-blog tentang desain interior dan taman. Monstera yang aslinya berasal dari Meksiko ini termasuk tanaman tropis yang bisa tumbuh dengan baik jika tidak terkena sinar matahari. Makanya, tanaman ini sering diletakkan di dalam ruang. Ada dua jenis monstera yang bisa kamu adopsi, yaitu Monstera deliciosa yang daunnya bolong sampai akhir atau Monstera obliqua yang cuma bolong di tengah.

2. Kaktus
Kaktus merupakan jenis yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Sifat kaktus yang tahan hidup tanpa air menjadi nilai plus karena kamu pun tidak perlu sering-sering menyiramnya. Bentuk kaktus, khususnya yang mini, pun beraneka ragam. Ada yang bulat, tinggi, atau memiliki bunga di tengahnya. Ingin menjadikan kaktus sebagai hiasan interior? Bisa banget. Beli jenis kaktus sesuai keinginan kamu, lalu pindahkan ke pot tembikar yang sudah dicat warna-warni. Tempatkan pot kaktus tersebut di halaman, ruang tamu, atau rak di rumah.

3. Lee Kuan Yew
Ingin menanam dedaunan rambat di dinding pagar rumah? Lee kuan yew bisa jadi pilihan tepat. Dalam bahasa asing tanaman ini dikenal dengan nama climbing vernonia. Daun tanaman ini bentuknya kecil dan menjuntai ke bawah. Lee kuan yew biasanya akan tumbuh menyerupai tirai hijau yang cantik. Makanya, tanaman ini sangat memungkinkan untuk dijadikan media penghalang sinar matahari bila diletakkan di depan jendela atau sekadar pemanis dinding batu supaya terlihat hijau dan indah.

4. Sirih Gading

Tanaman3
Sama seperti Lee Kuan Yew, sirih gading merupakan tanaman rambat. Bedanya, jika lee kuan yew biasanya diletakkan di dinding atau pagar, tanaman dengan nama latin Epipremnum aureum ini justru akan terlihat sangat cantik jika ditanam di pot. Selain menggunakan tanah, sirih gading juga bisa tumbuh subur jika diletakkan di wadah berisi air.
5. Terakhir, tanaman yang saat ini tengah digemari adalah sansevieria atau lidah mertua. Nama tumbuhan ini dalam bahasa Inggris biasanya disebut snake plant, mother-in-law´s tongue, devil’s tongue, dan bow string hemp. Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, serta warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Ciri lainnya, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Selain membuat taman jadi elegan, Sansevieria juga mampu menyerap racun atau polutan berbahaya di udara.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×