Apa sih ekspektasi kalian untuk urusan fitur keselamatan di sebuah kendaraan? Apakah cukup punya airbag saja sebagai fitur wajibnya? Pastinya enggak kan?

Semua orang yang berniat beli mobil pasti menginginkan paket fitur keamanan dan keselamatan lengkap di dalamnya. Baik itu fitur safety yang sifatnya aktif maupun yang pasif. 

Nah, kalau OLXer cari referensi mobil apa yang punya paket keselamatan dan keamanan yang cukup paripurna, salah satu yang OLX tawarkan adalah merek Mitsubishi. 

Bagian depan Xpander mayoritas berbahan non-metal, sehingga aman bagi pejalan kaki (Sumber : Mitsubishi)

Di Mitsubishi Motors, mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia sudah memiliki berbagai fitur keselamatan terkini. Secara umum fitur keselamatan pada mobil terbagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif. Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan. 

Atau, jika sudah terjadi kecelakaan, fitur keselamatannya mampu meminimalisasi dampak fatal.

“Keamanan saat berkendara merupakan hal utama, sebuah produk tidak cukup hanya menawarkan kenyamanan, design yang bagus, dan mesin yang andal, tetapi fitur keamanan lah yang sangat penting untuk sebuah mobil keluarga,” kata Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI. 

Fitur Keselamatan Aktif Mitsubishi Xpander

Beberapa fitur keselamatan aktif yang terdapat di MPV berwajah futuristik ini antara lain Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

 Fitur Keselamatan Pasif Mitsubishi Xpander

Sementara untuk fitur pasif banyak sekali bisa ditemui di Xpander. Beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak. 

Yang paling menarik adalah struktur rangka bodi Xpander yang berkonsep RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Berbahan High Tensile Metal, rangka kabin bagian dalam menjadi lebih kuat menahan benturan. 

RISE, konsep body mobil Mitsubishi Xpander diklaim lebih kuat menahan benturan saat terjadi kecelakaan (Sumber : Mitsubishi)

Teknologi rangka ini efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping). Sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar. 

Tak cuma mikirin keselamatan penumpang di dalam mobil, Mitsubishi juga sangat concern terhadap keselamatan pejalan kaki. Hadirlah fitur Pedestrian Protection. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender.  

Itulah alasan kenapa wajah Xpander mayoritas berbahan non-logam, sehingga ketika terjadi tabrakan, cidera dapat diminimalkan. 

Keseluruhan dari fitur keamanan dan keselamatan tersebut membuat Mitsubishi Xpander diganjar 4 bintang dari ASEAN NCAP, sebuah lembaga pengujian keselamatan kendaraan independen. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×