Tips and Tricks

Waspadai Modus Penipuan Phising

0 Komentar

Di era digital, semua hal menjadi lebih mudah, termasuk aktivitas berbelanja.. Kenyataannya, perkembangan teknologi tidak luput dari berbagai modus penipuan, salah satunya modus penipuan phising. Nah, untuk OLX-er yang bertanya-tanya apa itu modus penipuan phising, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa itu phishing?

Phishing  yang diambil dari kata “Fishing”, merupakan tindakan untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang seperti username, password, dan PIN, dengan cara memancing seseorang untuk memberikan data-data mereka secara tidak sah. Setelah mendapatkan data korban, pelaku bisa mengakses akun tersebut untuk membuat masalah atas nama korban seperti menyebarkan informasi yang salah, atau bahkan menghubungi orang-orang terdekat korban untuk meminta uang.

 

Untuk menjaring korban, pelaku melakukan berbagai cara, seperti:

  • Menggunakan website palsu: Pelaku akan menggunakan website palsu (biasanya internet banking, media sosial, toko online, dsb) yang sangat mirip dengan website aslinya.  Dengan cara ini pelaku mendapatkan username dan password sehingga si penjahat pemilik website palsu bisa masuk (login) secara ilegal dan melakukan hal-hal penipuan atau kejahatan untuk mendapatkan uang. Tampilan website palsu ini dibuat sangat mirip dengan website aslinya, sehingga korban tidak curiga.
  • Memberikan tawaran menarik: Selain website palsu, pelaku biasanya menggunakan website yang memberikan penwaran gratis dan menggiurkan. Untuk mendapatkannya, Anda harus memasukan data pribadi, yang jelas merupakan modus penipuan phising.
  • Virus: Jika laptop ata u smartphone kamu muncul keterangan bervirus atau sedang di-hack, dsb dan kamu diminta untuk mengklik menu atau tombol terterntu untuk mengunjungi website atau meng-install suatu aplikasi, ini sudah pasti salah satu modus penipuan phising.

 

Untuk terhindar dari kejahatanphishing, ada lho beberapa cara seperti:

  • Jangan klik link yang tidak jelas sumbernya. Jika OLXer menerima link yang disebarkan melalui email atau SMS tidak dikenal, jangan langsung mengakses link
  • Cara lain untuk mengecek keamanan dari sebuah link adalah, website resmi biasanya diawali dengan “https”. Huruf ‘s’ berasal dari kata secure. Jadi, pastikan alamat website yang kamu klik atau kunjungi adalah alamat resmi ya, OLX-er.
  • Jika ada website yang meminta kamu memasukan username dan password, coba OLXer masukkan data palsu terlebih dahulu. Jika website tersebut resmi, maka kamu akan menerima notifikasi bahwa username dan password yang kamu masukkan salah. Sebaliknya, Anda akan langsung masuk ke halaman jika ternyata website tersebut palsu.

 

Nah, sekarang OLX-er tentunya harus semakin selektif dan waspada terhadap berbagai modus penipuan, seperti phising ini. Tetap berhati-hati saat melakukan berbagai transaksi di internet ya, OLX-er!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×