Stories

Untung Rugi Gabung Klub Motor

0 Komentar

Menyalurkan hobi, terutama di bidang otomotif biasanya kurang afdal jika dilakukan seorang diri. Sering kali, pehobi membutuhkan orang lain untuk sekadar bertukar pikiran terkait kesukaannya. Dari sekadar ngobrol bareng, pehobi kemudian berkumpul, melakukan kegiatan rutin, dan berujung pada pembentukan klub.

Di kalangan pehobi sepeda motor, keberadaan klub sangat lazim. Suatu klub bisa terdiri dari penggemar sepeda motor merek atau jenis yang sama, bahkan bisa juga berupa klub heterogen. Lalu apa untung-rugi bergabung dengan klub? Simak ulasan berikut:
1. Menambah relasi
Tentu saja keuntungan utama jika kita bergabung dengan klub motor adalah menambah kawan yang bisa berujung pada kerja sama bisnis. Klub-klub sepeda motor biasanya tak memandang latar belakang pekerjaan seseorang. Hal ini membuat anggota klub sangat beragam dan memperluas pergaulan kita.

2. Wadah kegiatan
Buat sebagian pencinta sepeda motor, kendaraan tunggangan bukan hanya fasilitas penunjang kegiatan sehari-hari. Lebih dari itu, sepeda motor bisa jadi ajang aktualisasi diri. Pemilik sepeda motor juga cenderung punya dorongan untuk berpergian jauh (touring) menggunakan tunggangan kesukaannya. Dengan adanya klub, kita bisa melakukan kegiatan ini bersama orang-orang yang punya kesukaan yang sama sehingga lebih menyenangkan.

3. Ajang diskusi hingga bisnis

800-KlubMotor2
Khusus bagi para penggemar sepeda motor antik atau berusia tua yang sudah tak diproduksi, keberadaan klub sangat membantu dalam menjalani hobi. Kesulitan suku cadang bisa diatasi dengan meminta bantuan anggota klub yang mungkin punya akses ke pemasok spare parts merek sepeda motor yang kita miliki. DI klub juga Anda bisa mengasah bakat berbisnis Anda dengan menjual barang-barang yang berkaitan dengan aktivitas seperti aksesori, suku cadang, hingga jual-beli kendaraan.

4. Sarana refreshing
Saat ini di kalangan pencinta kendaraan roda dua ada aktivitas yang sedang populer, yakni Sunmori alias Sunday Morning Ride. Artinya melakukan perjalanan pada Minggu pagi bersama-sama (touring) namun untuk jarak pendek. Lokasi Sunmori yang populer di kalangan klub sepeda motor di Jakarta misalnya Puncak, atau Lembang di Bandung. Sunmori bisa saja dilakukan seorang diri, tapi tentu lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai.

5. Hitung untung-ruginya
Bergabung dengan klub sepeda motor terkesan menyenangkan dan banyak positifnya. Meski begitu Anda patut selektif memilih klub yang Anda pilih. Rata-rata klub sepeda motor, terutama yang sudah terkenal dan berusia tua menuntut komitmen tinggi dari anggotanya. Jika kegiatan utama (pekerjaan) belum memungkinkan bagi Anda mencurahkan waktu sepenuhnya untuk klub, sebaiknya bergabung dengan klub-klub yang lebih santai. Selain itu di beberapa kota juga ada klub yang memiliki citra negatif karena mungkin pernah terkait kasus kriminalitas. Pelajari latar belakang klub sebelum memutuskan bergabung. Cara paling mudah mengenali klub dan para anggotanya adalah dengan bergabung di grup dunia maya seperti di Facebook, atau mailing list.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×