Trends

Trend Apartemen Menurut Pakar Properti

0 Komentar

Kebutuhan warga Indonesia terhadap properti sedang di tahap yang kurang menyenangkan. Harga-harga tanah dan rumah tapak terus naik namun tidak diimbangi oleh kenaikan pendapatan warganya. Hal ini membuat banyak warga Indonesia, terutama di Jabodetabek, kemudian berkompromi dengan memilih apartemen sebagai pemenuhan kebutuhan sandangnya.

Apartemen 2

Melihat meningkatnya peminat apartemen, hal ini membuat banyak pelaku bisnis properti kemudian menyabet rumah pangsa tersebut untuk investasi. Namun apakah ini sebuah langkah yang tepat untuk berinvestasi di apartemen? Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director PT Colliers International, trend apartemen sangat tergantung dengan andil pemerintah. “Ada limpahan pasok yang cukup signifikan,” ujarnya. “Untuk kelas menengah bawah, diperlukan jaminan pemerintah untuk mempertahankan suku bunga pinjaman yang lebih kompetitif untuk mempertahankan daya beli. Sementara untuk segmen menengah atas, calon pembeli sangat memperhatikan kondisi perokonomian nasional. Pertumbuhan ekonomi akan berdampak tidak langsung terhadap return apartemen,” jelas Ferry.

Jika hendak berinvestasi di apartemen, Ferry menjabarkan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. “Tentu saja yang harus diperhatikan adalah lokasi apartemen. Namun terkadang faktor lokasi yang kurang strategis bisa dikompensasi dengan akses transportasi yang memadai yang dikenal sebagai konsep TOD (Transit Oriented Development),” ungkapnya. Ferry kemudian menjabarkan hal-hal lain yang harus diperhatikan. Antara lain, reputasi pengembang, riwayat penjualan di produk sebelumnya, serta bentuk kerja sama pengembang dengan pihak bank.

Sedangkan hal-hal eksternal yang harus dipertimbangkan juga adalah bagaimana pasar sewa di sekitar proyek apartemen yang hendak dibeli, potensi penyewa yang akan hadir. “Misalnya apakah dekat dengan kampus atau daerah komersial yang ramai oleh pekerja atau eksekutif,” pungkasnya.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di apartemen? Lihat apartemen strategis di sini.

 

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×