News from OLX

Transformasi Toyota Camry Dari Masa ke Masa (Bag.1)

0 Komentar

Lama dinanti, akhirnya Toyota Camry paling anyar meluncur juga di Indonesia. Pamor mobil sedan ini memang gak main-main bro…..

Sejak awal masuk sampai sekarang, model premium ini kerap jadi tunggangan pejabat pemerintah dan orang-orang kaya.

Selasa (8/1/2019) kemarin, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru Camry yang sekarang masuk hitungan generasi ke delapan. Camry jadi mobil baru pertama yang meluncur di tahun 2019 ini.

“Sejak generasi pertama diluncurkan pada 1982 dengan angka penjualan sudah mencapai lebih dari 18 juta di 100 negara,” ujar President Director PT TAM Yoshihiro Nakata.

Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah model sedan bukan?

Malah untuk pasar Indonesia, Toyota mengklaim Camry sebagai market leader sejak pertama kali masuk di tahun 1999 sampai sekarang.  

OLXer pasti penasaran soal sejarah Toyota Camry dari masa ke masa bukan? Kali ini kita sedikit merangkum soal transformasi Camry mulai dari generasi pertama sampai terakhir.

Camry generasi 1 (1982-1986)

Toyota Camry hadir pertama kali di tahun 1982. Dilansir Wikipedia, mobil ini langsung diposisikan di atas Toyota Corona.

Uniknya, karena masih jadul, sedan ini masih berdesain kotak.

Toyota Camry Liftback

Di awal peluncurannya, Camry dibenamkan mesin berkapasitas 1.8 liter dan 2.0 liter yang mampu menghasilkan daya 91 hp dan mesin diesel 2.0 liter yang menyemburkan tenaga 74 tenaga kuda (Tk).

Camry Generasi 2 (1986-1991)

Lima tahun berselang, tepatnya pada 1986 muncul Toyota Camry generasi kedua. Model ini berakhir hingga tahun 1991.

Pada generasi kedua, Toyota memutuskan untuk berhenti produksi model liftback dan beralih ke model station wagon. Tampilannya juga lebih sedikit cembung karena memang mengalami ubahan. 

Camry generasi kedua ini juga dilengkapi opera window di pilar-C. 

Untuk urusan jantung pacunya, Camry generasi kedua dilengkapi mesin empat silinder 3S-FE berkapasitas 2.0 liter. Namun pada tahun 1988, Camry juga dilengkapi mesin V6 berkapasitas 2.5 liter.

Saat itu Toyota juga berusaha memberikan pilihan beragam kepada konsumen dengan menghadirkan beberapa varian yaitu Standard, DX, dan LE. Kala itu juga ada Camry All-Trac berpenggerak 4WD dengan trim level DX dan LE. Hanya saja jumlah produksinya cukup sedikit.

Camry Generasi 3 (1990-1996)

Toyota Camry Generasi Ketiga

Siklus lima tahunan dialami Camry, dan pada tahun 1990 Camry generasi ketiga meluncur. Awalnya mobil ini hanya dipasarkan di negara asalnya, Jepang, namun karena adanya permintaan, maka Toyota menjualnya secara global pada tahun 1992.

Di Jepang sendiri, Camry hanya menerapkan mesin 1.8 liter 4S, 2.0 liter 3S, dan 2.5 liter V6. Sementara untuk Camry global ditawarkan mesin  2.2 liter 5S-FE, atau 3.0 liter V6 1VZ-FE yang kemudian digantikan oleh 1MZ-FE. 

Pada 1995, Toyota melakukan ubahan ringan atau facelift. Hal ini terlihat dari rombakannya khususnya bagian bumper depan, grille, dan lampu belakang, serta garnish belakang yang sewarna body.

Untuk pasar Jepang, Camry juga dilengkapi body lebar disebut Scepter. Pada 1994, diluncurkan Camry Coupe dua pintu, model ini di ekspor dari Jepang sebagai Scepter Coupe.

Camry generasi 4 (1997-2002)

Toyota Camry Generasi Keempat

Pada dasarnya, cukup aneh untuk generasi keempat. Sebab, mobil ini hadir lebih dulu yaitu pada 1994 atau dua tahun sebelum generasi ketiga diganti.

Desain generasi keempat ini juga masih berdesain kotak dengan menggunakan platform V40. Hanya saja, generasi keempat ini untuk pasar domestik Jepang. Karena itu untuk pasar global Toyota masih menawarkan Camry generasi ketiga yang berbody lebar dan diklaim sangat laris di Amerika Serikat serta Australia.

Setelah 1997, Toyota merilis Camry generasi keempat untuk pasar global. Bodi mobil pun dibuat lebar. Khusus Jepang, mobil ini disebut Camry Gracia dengan mesin 2.2 liter, 4 silinder dan 2.5 liter V6. Model 4WD bermesin 2.2 liter diberi kode SXV25.

Nah, tepat setelah krisis moneter, Toyota menawarkan Camry generasi keempat ke pasar nasional menggantikan Toyota Corona Absolute pada segmen sedan kelas menengah atas. 

Di pasar domestik, Toyota Camry tersedia dalam versi 2.2 GLX transmisi manual dan 3.0 V6 Grande transmisi otomatis. Sementara untuk pasar global Camry dibenamkan mesin 5S-FE 2.2 liter, 4 silinder dan 1MZ-FE 3000 cc V6. 

Untuk generasi kelima sampai yang terakhir, kita ceritain di berita selanjutnya. (Her/Zie)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×