PT Toyota Astra Motor (TAM) siap menambah jajaran mobil berteknologi hybrid atau hibrida di Indonesia. Kali ini, wujud mobil hybrid tersebut akan diterapkan pada Toyota C-HR.

Rencananya, Toyota C-HR hybrid ini akan diluncurkan di Indonesia di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019).

“Pokoknya nanti kalian liat sendiri produknya. Harga nanti diumumin,” ungkap Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Menteng, Jakarta, Senin (16/4/2019) malam.

Sosok Toyota C-HR hybrid ini tentu saja melengkapi model C-HR versi bensin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder yang sudah meluncur tahun lalu.

Nah, Toyota C-HR hybrid rupanya sengaja dihadirkan  Toyota Indonesia lantaran dianggap sejalan dengan rencana pemerintah menuju era kendaraan elektrifikasi, yang dipercaya dapat mewujudkan lingkungan lebih baik.

Selain itu, pada tahun ini bertepatan dengan satu dekade Toyota Hybrid Electrification Vehicle menemani masyrakat Indonesia. Hal ini membuat Toyota berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak ragam pilihan mobil elektrifikasi sebagai alternatif kendaraan.

Belum ada regulasi

Menghadirkan teknologi hybrid di Indonesia tentu saja penuh harapan bagi Toyota. Karena, hingga saat ini regulasi soal kendaraan hybrid atau listrik hingga saat ini rancangan peraturan presiden (Perpres) belum dicetuskan.

Menanggapi belum adanya regulasi, Soerjo rupanya tak ambil pusing. Pria ramah tersebut mengatakan, Toyota sudah menyiapkan strategi.

“Kalau kamu sudah terima beberapa bocorannya. Di blueprint Kemenperin sudah ada, bahwa elektrifikasi sudah ada mulai sepeda motor dahulu, habis itu baru roda empat lokalisasi. Nah jadi harus disiapin, hybrid itu yang ingin diperkenalkan,” ungkapnya.

Menurut Soerjo, Toyota sendiri sudah menghadirkan mobil hybrid di Indonesia sudah beberapa tahun lalu, mulai dari Toyota Prus, Camry, dan Alphard.

Nah, untuk harga Toyota C-HR hybrid dari kabar yang berhembus akan dibanderol sekitar Rp 500 juta sampai Rp 600 jutaan. Harga ini tentu saja akan lebih mahal dari C-HR versi bensin yang dilego Rp 488 juta untuk tipe 1.8 L A/T Single Tone, dan Rp 490 juta untuk tipe 1.8 A/T Dual Tone.

Sekadar informasi, Toyota C-HR 1.8L hybrid pernah diboyong Toyota ke Indonesia dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu. Kehadirannya, sengaja dilakukan Toyota dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang kendaraan ramah lingkungan.

Meski belum disebutkan spesifikasi C-HR hybrid untuk pasar Indonesia, namun kabarnya mobil tersebut dijejali Hybrid Synergi Drive yang dilengkapi motor listrik nickel metal hydride dan mesin 2ZR-FXE 1,8 liter. Dengan mesin ini dipercaya dapat memuntahkan tenaga 96,6 Tk dan torsi 142 Nm serta dikawinkan dengan motor listrik berdaya 71 Tk dan torsi 163 Nm. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×