Segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) memang jadi ‘kue’ yang menggiurkan di pasar otomotif nasional. Di segmen ini pula, Toyota Avanza jadi produk yang mendominasi di Indonesia.

Namun siapa sangka, sejak munculnya Mitsubishi Xpander pada 2017 silam, mobil tersebut kini jadi musuh bubuyutan baru Toyota Avanza. Bahkan saling salip penjualan juga sempat terjadi pada 2018 silam.

Mitsubishi mengklaim, sejak Xpander meluncur Agustus 2017 hingga Maret 2019, atau 18 bulan tercatat retailsales (penjualan dealer ke konsumen) sudah mencapai 100 ribu unit.

Menurut Direktur Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Michimasa Kono, jumlah tersebut jadi sebuah rekor di kelas Low MPV.

“Kami tidak akan berhenti dan berpuas hati sampai disini saja. Kami akan terus bertekad untuk jadi nomor satu di Indonesia,” kata Michimasa kepada awak media.

Tak sampai disitu, Mitsubishi mengklaim, pada awal 2019 lebih dari 50 persen pada penjualan mobil Mitsubishi Xpander unggul. Bahkan Mitsubsihi menargetkan penjualan Xpander di 2019 berada di urutan paling atas atau nomor satu. 

Avanza 2019
Avanza 2019 hingga awal Maret ini sudah terjual lebih dari 16.000 unit (Istimewa)

Sebaliknya, Toyota sendiri rupanya tak mau menyerah begitu saja. Bahkan Toyota menganggap Xpander belum sukses menyamai Avanza.

“Kenapa? Angka maksimum wholesales masih dipegang Avanza 21 ribu. Bersaingnya itu sebetulnya di Suzuki Ertiga dan satu lagi Honda Mobilio itu sudah pernah 11 ribu sama 10 ribu pada 2013-2014. Dia baru setara sama Xenia 7.000-an level,” ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Dengan jumlah penjualan Mitsubishi Xpander saat ini, Toyota merasa mobil tersebut belum bisa mengalahkan mobil sejuta umat.

“Jadi mulai hari ini kami canangin perang melawan (Xpander). Pokoknya kami akan lebih kuat dari Xpander. Udah pasti. Tahun lalu udah jelas, tahun ini ya harus tetap leading,” ucapnya.

Soerjo juga menuturkan, sebagai pemimpin pasar otomotif, Avanza dianggap sebagai ciri kendaraan untuk konsumen di Indonesia.

Nah, begitulah adu argumen dua pabrikan otomotif yang sedang bersaing di pasar otomotif nasional. Lantas OLXer sendiri pilih mana, Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander? (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×