Tips and Tricks

Tips Upgrade Fitur LCGC

0 Komentar

Model mobil murah hemat energi alias Low Cost Green Car (LCGC) semakin populer. Harganya yang terjangkau ditambah konsumsi bahan bakar irit membuat mobil ini jadi pilihan untuk penggunaan harian. Sayangnya, dengan harga yang murah sejumlah produk LCGC memiliki fitur yang terbatas. Keterbatasan fitur itu paling terlihat pada pusat hiburan (head unit) yang hanya berupa radio dan pemutar musik digital. Untuk menambah kenyamanan, tak ada salahnya meng-upgrade aneka fitur mobil ini. Apa saja yang bisa di-upgrade? Simak tips berikut:

1. Fasilitas hiburan

LCGC hiburan fin
Beberapa produk LCGC baru, seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio sudah dilengkapi head unit lumayan lengkap. Selain fasilitas radio dan pemutar cakram musik (CD), head unit di tipe tertentu sudah dilengkapi Bluetooth untuk menyambungkan ponsel. Tapi, di produk LCGC lama seperti Datsun Go dan Datsun Go+, fitur head unit-nya hanya memiliki soket untuk kabel audio. Banyak tersedia pilihan head unit berfasilitas lengkap untuk mengganti model standar bawaan pabrik. Penambahan speaker dan sistem suara kabin bisa dilakukan untuk menambah kualitas audio di kabin. Siapkan dana Rp 500.000 – Rp 1.000.000 untuk modifikasi ini.

 

2. Menambah kenyamanan

LCGC kenyamanan fin
Kualitas material pelapis jok pada LCGC kebanyakan memakai bahan kain biasa. Meski dirancang agar awet dan mudah dibersihkan, tapi material bawaan pabrik tidak terasa begitu nyaman untuk diduduki dalam waktu lama. Penggantian material pelapis jok dapat dilakukan dengan mudah di bengkel-bengkel khusus interior. Pilih material yang cocok dengan bujet Anda. Kain oscar, vinyl, atau kulit imitasi bisa jadi pilihan. Penambahan busa juga bisa dilakukan untuk membuat jok lebih empuk.

 

3. Eksterior

LCGC eksterior fin
Saat ini sangat banyak perlengkapan tambahan untuk mobil yang dapat dipasang dengan mudah. Salah satunya adalah sensor atau kamera parkir. Beberapa varian LCGC memang sudah dilengkapi fitur ini. Namun jika Anda berminat, peranti sensor bisa dibeli di toko aksesori otomotif. Jika Anda ingin memasang kamera parkir, maka Anda perlu menambahkan monitor pada head unit. Konsultasikan pemasangan aksesori ini dengan mekanik agar baterai mobil tidak kelebihan beban.

 

4. Velg dan suspensi

LCGC velg fin
Sektor kaki-kaki biasanya jadi pilihan pertama dalam memodifikasi mobil. Penggantian pelek mobil atau mengubah ketinggian suspensi akan mempercantik penampilan kendaraan kesayangan. Namun jangan paksakan velg berukuran besar pada LCGC. Pasalnya, kebanyakan LCGC dirancang memakai roda ukuran 13-14 inci. Ukuran ini sudah disesuaikan dengan kapasitas mesin yang kecil. Jangan sampai ubahan di sektor kaki-kaki malah mengurangi kenyamanan dan performa mobil.
Selalu konsultasikan rencana modifikasi mobil kepada mekanik di bengkel resmi. Beberapa merek mengharamkan modifikasi di bagian tertentu karena akan menggugurkan garansi. Modifikasi yang salah pun bisa menurunkan harga jual mobil.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×