Tips and Tricks

Tips Modifikasi Motor untuk Kaum Difabel

0 Komentar

Motor atau sepeda roda dua merupakan moda transportasi yang populer di masyarakat. Selain harganya yang cukup terjangkau dibandingkan mobil, sebagian besar warga memilih motor karena mudah digunakan di segala jenis medan.

Sayangnya, banyak penyandang disabilitas yang tidak bisa mengoperasikannya. Mengatur keseimbangan di atas motor menjadi sulit lantaran keterbatasan fisik. Padahal tak jarang kaum difabel yang membutuhkan moda transportasi ini untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, jangan khawatir jika kamu atau ada anggota keluarga difabel yang ingin mengendarai motor. Meski tak dijual di pasar, kamu bisa memodifikasi kendaraan ini sesuai kebutuhan. Ingin punya motor yang bisa digunakan kaum difabel? Yuk, simak langkah-langkah agar modifikasi motor untuk penyandang sukses.

Motor disabilitas - header ok

1. Sesuaikan Kebutuhan
Merombak motor khusus kaum difabel sebenarnya tak jauh berbeda dengan proses modifikasi kendaraan pada umumnya. Namun, jika biasanya kamu berkutat pada model atau bentuk, modifikasi motor khusus difabel harus disesuaikan dengan kebutuhan sang pemilik. Jika kekuatan tangan terbilang lemah, maka stang kemudinya dibuat lebar agar terasa ringan. Lain hal jika bermasalah pada pada tulang punggung, sebaiknya dibuat dudukan tambahan dengan sandaran di bagian belakang jok.

2. Bengkel Terpercaya
Proses modifikasi motor khusus difabel bisa dibilang gampang-gampang susah. Maka itu, ada baiknya kamu kontak bengkel yang terpercaya dan pernah menangani permintaan modifasi serupa. Untuk merobak motor, bisa jadi dibutuhkan proses pengelasan serta pebuatan komponen yang tak dijual di pasar. Pastikan komunikasi kamu dan montir lancar agar hasilnya benar-benar sesuai dengan perencanaan.

Motor disabilitas ok

3. Aman dan Nyaman
Alih-alih terlihat gaya, tujuan utama modifikasi motor khusus penyandang disabilitas terletak pada fungsi. Karena itu, pastikan motor yang telah dirombak benar-benar aman dan nyaman. Jangan ragu untuk minta montir memperbaiki kondisi motor jika tidak nyaman atau menyulitkan pengendara kala bergerak.

4. Perawatan Mudah
Terakhir, usahakan proses modifikasi dilakukan secara sederhana agar motor mudah dirawat. Selain gampang dibersihkan, minta montir agar menggunakan komponen yang banyak dijual di pasar. Jadi, kalau motor rusak atau mogok kamu gak perlu repot-repot ke bengkel dan bisa mengutak-atik sendiri.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×