Tips and Tricks

Tips Menyiasati Onderdil Mobil Tua

0 Komentar

Merawat mobil tua, bagi sebagian orang adalah kesenangan tersendiri. Onderdil yang langka, kondisi mesin yang tak lagi prima dan ringkih adalah tantangan kolektor mobil-mobil klasik maupun retro. Namun di sanalah kepuasan para kolektor ketika mampu merestorasi bahkan menjaga kondisi koleksinya agar tetap sehat atau kembali seperti baru.

Tak sedikit juga pemilik mobil tua yang masih mengandalkan kendaraannya bertahun-tahun untuk aktivitas harian. Tentu lebih mudah menjual mobil tua dan mengganti dengan yang baru, tapi jika terlanjur sayang, tak ada salahnya mobil berumur lebih dari 10 tahun tetap Anda rawat. Lalu bagaimana menyiasati agar ketika rusak mobil Anda tetap mendapatkan suku cadang? Simak tips berikut:

1. Cek ke bengkel resmi
Rata-rata Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor punya stok suku cadang melimpah, bahkan untuk model-model lama yang sudah tak diproduksi. Biasanya, untuk satu model kendaraan, APM punya cadangan onderdil untuk sepuluh tahun.

Jadi jangan sungkan menanyakan bengkel resmi untuk memperoleh suku cadang mobil tua Anda. Kalaupun stoknya kosong, bengkel resmi punya jalur khusus untuk mendatangkan suku cadang dari pabrik di negara lain. Biayanya pasti lebih mahal, tapi untuk koleksi kesayangan apa saja pasti dilakukan.

2. Ikuti forum dan klub
Keunikan dunia otomotif adalah keberadaan para klub penggemar kendaraan yang biasanya ditentukan oleh merek atau model kendaraan yang disukai. Di era sosial media, sangat mudah mencari klub-klub penggemar model kendaraan tertentu. Ikuti forum-forum tersebut karena di antara para anggota klub ada yang tahu di mana kita bisa mencari suku cadang kendaraan kesayangan kita. Kalau beruntung, Anda juga bisa bertransaksi dengan anggota klub lainnya.

3. Blusukan ke pasar loak

800-PasarLoak
Ilustrasi Pasar Loak (Shutterstock)

Jika punya waktu luang, cobalah sesekali mengunjungi pasar loak di kota Anda. Atau datangi pusat onderdil terkenal seperti Kemayoran dan Jatinegara di Jakarta, dan Kawasan Banceuy atau Pasar Jatayu di Bandung. Kelebihan mencari suku cadang kendaraan di pasar loak atau pusat onderdil adalah harga yang lebih murah karena bisa Anda tawar. Namun Anda juga harus siap-siap kecewa jika suku cadang yang ingin Anda beli kondisinya sudah jelek, atau tidak lengkap.

Berburu suku cadang di pasar loak jadi keseruan tersendiri karena, ibarat mencari harta karun, Anda tidak tahu apa yang bisa Anda temukan. Jika tak beruntung, mungkin barang yang Anda inginkan tidak ada. Tapi siapa tahu Anda menemukan barang lain yang lebih menarik.

4. Cari di OLX
Jika Anda sangat sibuk dan tak sempat menyambangi bengkel atau pusat penjualan onderdil otomotif, membuka situs jual-beli seperti OLX adalah pilihan terbaik. Tinggal masukkan nama barang yang Anda cari di kolom pencarian, lalu pilihlah produk yang dijual pengguna lain yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Meski sifatnya online, Anda juga bisa bernegosiasi dengan penjual, syukur-syukur jika lokasi barang dekat dengan tempat tinggal Anda, sehingga bisa dicek langsung.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×