Tips and Tricks

Tips Memilih Spare Part Toyota

0 Komentar

Toyota Motor Corporation adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, berpusat di Toyota, Aichi. Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, Toyota telah memiliki jutaan pelanggan. Karena itulah permintaan pasar terhadap spare part atau spare part mobil Toyota selalu banyak setiap tahunnya.Lantaran ada banyaknya produk-produk spare part imitasi yang beredar dipasaran, kamu jadi harus lebih berhati-hati ketika membeli. Menggunakan spare part imitasi sangat tidak dianjurkan, karena bisa merusak mobil kamu.

Harga spare part Toyota yang original memang cenderung lebih mahal dibanding spare part imitasinya. Hal ini tentu saja karena bahan dasar utama antara spare part Toyota yang original dan imitasi memiliki kualitas yang berbeda. Saat spare part mobil Toyota kamu rusak, akan jauh lebih baik jika menggantinya dengan spare part original. Selain itu, saat melakukan service mobil Toyota, ada baiknya dilakukan di service resmi mobil Toyota yang ada di kota kamu. Meskipun harga spare part Toyota yang original tergolong cukup mahal, tapi spare part yang asli akan banyak membantu dalam merawat performa dan kondisi mobil kamu.

Berikut ini adalah tips dalam memilih spare part Toyota original :

1. Beli di toko resmi 
Saat membeli, belilah spare part mobil Toyota yang kamu butuhkan di toko resmi milik Toyota. Pembelian di toko resmi akan sangat membantu kamu terhindar dalam kesalahan membeli spare part (palsu atau imitasi). Jika seandainya spare part yang kamu beli di toko resmi tersebut terbukti palsu atau terjadi masalah, kamu berhak untuk mengajukan keluhan ke toko tersebut dengan dilindungi Undang-Undang konsumen.

2. Kenali Cirinya
Perhatikan isi maupun kemasan spare part yang akan kamu beli. Banyak sekali spare part palsu yang memiliki kemasan yang sangat mirip dengan kemasan barang yang asli. Spare part asli biasanya dilabeli dengan stiker hologram, sedangkan yang palsu atau imitasi biasanya tidak dilabeli stiker hologram.

Selain itu, pada spare part imitasi, terdapat beberapa bagian yang tidak sebagus atau semulus spare part aslinya. Bagian sudut atau lengkungan spare part palsu atau imitasi biasanya terlihat kasar, berbeda dengan spare part asli yang benar-benar mulus. Perhatikan juga lubang-lubang baut yang ada pada spare part tersebut. Jika spare part tersebut merupakan jenis rebuilt parts (suku cadang bekas yang tampilannya diperbaiki), biasanya ada bagian yang memang dapat terlihat dengan mudah bahwa itu pernah digunakan. Sedangkan untuk velg, yang asli biasanya akan terasa lebih ringan dibandingkan velg lokal yang berat.

3. Garansi
Pastikan bahwa spare part yang kamu beli memperoleh garansi resmi atas penggantian produk. Hal ini dapat memperkecil kemungkinan Anda mendapatkan barang yang palsu.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×