Tips and Tricks

Tips Memilih dan Merawat Furnitur Outdoor Agar Tahan Lama

0 Komentar

Memiliki rumah dengan taman yang asri merupakan impian banyak orang. Selain ditanami banyak pohon dan bunga, taman di rumahmu dijamin bakalan lebih nyaman dengan adanya furnitur, misalnya kursi rotan atau kayu.

Berbeda dengan mebel untuk di dalam rumah, ada material khusus yang biasanya digunakan pada furnitur outdoor. Perawatannya pun harus kamu pikirkan karena area luar ruang akan sering terpapar sinar matahari dan hujan.

Tertarik untuk mengisi taman mungil di rumah? Yuk, simak tips jitu memilih dan merawat furnitur outdoor berikut ini.

1. Material
Mebel untuk kebutuhan luar ruang sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan banting. Hindari furnitur berbalut kain karena mudah rusak. Fokuskan pilihan kamu pada material alami seperti kayu, bambu, atau rotan. Jika ingin lebih efisien, kamu juga bisa memilih material rotan sintetis atau besi.

Furnitur 1

2. Sesuaikan Konsep Taman
Menata taman sama seperti mendekorasi interior ruang. Sesuaikan tipe furnitur dengan konsep taman. Jika tamanmu bernuansa minimalis ala Jepang pilihlah furnitur dari bahan kayu, bambu, atau meja batu. Namun, jika kamu ingin memasukkan unsur modern, furnitur yang terbuat dari rotan sintetis atau besi bisa jadi pilihan.

Furnitur 2 besi

3. Cat Ulang Kayu
Beda jenis material furitur, beda juga perawatannya. Furnitur yang terbuat dari kayu, permukaannya sebaiknya dilapis ulang setidaknya setahun sekali. Begitu pula dengan bambu dan rotan. Namun, jika kamu memilih furnitur yang terbuat dari rotan, jangan lupa untuk mengecek anyaman. Pasalnya, anyaman biasanya akan terlepas setelah pemakaian beberapa tahun.

4. Hilangkan Karat
Furnitur dari bahan pabrikan memang lebih tahan lama dibandingkan yang terbuat dari material alam. Namun, bukan berarti tidak perlu dirawat, lho. Sering-sering lah mengecek kondisi permukaan jika kamu mempunyai furnitur yang terbuat dari besi. Jangan tunda untuk mengamplas karat dan melapisinya dengan cat baru agar besi tak mudah keropos.

Furnitur 3 rotan sintetis

5. Cuci Berkala
Material rotan sintetis atau plastik bisa dibilang paling awet di antara jenis lain. Namun, bukan berarti tak ada kelemahannya. Warna cat kursi atau sofa yang terbuat dari rotan sintetis biasanya lebih cepat kusam jika sering terpapar matahari. Karena itu, coba cuci dan lap permukaan furnitur secara berkala agar warna tetap kinclong.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×