Tips and Tricks

Cara Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

0 Komentar

Layaknya organ tubuh manusia, kondisi mobil juga harus dijaga agar performanya baik. Perawatan mobil bukan sekadar menjaga tampilan fisik, tetapi menjamin dari berbagai risiko. Misalnya rusak karena kecelakaan atau saat mobil hilang dicuri maling.
Risiko-risiko tersebut membuat para pemilik mobil merasa perlu memiliki asuransi kendaraan. Meski bukan barang baru, Anda harus cermat memilih asuransi yang paling pas untuk mobil. Apalagi, saat ini jumlah provider yang menyediakan layanan tersebut kian bertambah. Program, premi, dan benefit yang ditawarkan pun bervariasi.
Lantas apa saja yang harus diperhatikan pemilik saat akan memilih asuransi mobil terbaik? Yuk, cek tips berikut ini.
1. Bandingkan Layanan Beberapa Perusahaan

Asuransi bandingkan fin
Asuransi merupakan salah satu produk jasa. Masing-masing perusahaan pasti mengklaim memberikan layanan terbaik. Sebelum memutuskan memilih, bandingkan program dan manfaat dari beberapa perusahaan. Selain membuka situs, kamu juga dapat mencari informasi melalui testimonial pengguna yang ada di forum mobil, situs berita, maupun blog personal yang tersebar di dunia maya.
2. Pilih Program Sesuai Kebutuhan

Asuransi pilih fin
Secara general, ada dua jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih. Yaitu asuransi All Risk atau Comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risk akan menjamin hampir semua risiko yang akan terjadi pada mobil ada, termasuk kecelakaan besar dan kecil. Sementara itu, asuransi TLO hanya menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja. Ini artinya kecelakaan atau kerusakan kecil tidak akan dijamin perusahaan. Jangan lupa mengecek kondisi mesin, bodi, usia dan hal-hal penunjang lain sebelum memilih jenis asuransi yang dibutuhkan kendaraan Anda.
3. Jangan Tergiur Premi Murah

Asuransi tergius fin
Ketatnya persaingan bisnis asuransi membuat provider berlomba-lomba menawarkan berbagai promo, tak terkecuali perang tarif premi. Namun perlu diingat bahwa premi murah bukan jaminan atas layanan. Jangan sampai gara-gara ingin bayar murah, layanan yang kamu dapat malah tak maksimal. Lebih baik membayar lebih mahal dibanding mengorbankan kondisi mobil.

 

4. Cek Jaringan dan Bengkel Rekanan

Asuransi jaringan fin
Pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki rekam jejak baik. Salah satu caranya dengan mengecek jaringan kantor cabang atau bengkel rekanan. Dua hal tersebut sangat berpengaruh kala kamu memroses klaim saat mobil mengalami kerusakan atau kecelakaan yang terjadi di lokasi dan waktu yang tak diduga.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×