Tips and Tricks

Tips Membeli Mobil Bekas

0 Komentar

Mobil saat ini sudah menjadi kendaraan yang dibutuhkan banyak orang. Transportasi umum di Indonesia yang masih kurang aman dan nyaman membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saat hendak berpergian ke luar rumah.

Di Indonesia sendiri, syarat-syarat untuk memiliki mobil sudah menjadi semakin mudah. Uang muka yang rendah dan cicilan yang ringan membuat banyak orang tergiur untuk memiliki kendaraan roda empat mereka sendiri. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang tidak suka mempunyai cicilan, membeli mobil bekas adalah pilihan yang paling tepat.

Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda agar tidak salah dalam memilih mobil bekas.

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya
Mencari informasi dengan membaca majalah otomotif, berdiskusi dengan teman yang mengerti tentang mobil adalah salah satu langkah yang penting dilakukan. Cari tahu harga, tahun, dan spesifikasi mobil yang Anda inginkan.

2. Belilah dari orang pertama
Dibandingkan membeli mobil bekas lewat dealer, akan lebih baik jika Anda membeli mobil melalui orang pertama (pemilik mobil). Membeli mobil dari showroom membuat Anda tidak dapat menggali informasi tentang latar belakang mobil tersebut. Membeli secara langsung dari orang pertama juga jauh lebih murah dibandingkan membeli melalui dealer.

3. Cari tahu latar belakang mobil
Latar belakang mobil adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil bekas. Jika Anda bertemu dengan pemilik mobil secara langsung, hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari tahu latar belakang mobil.

4. Cek bodi mobil
Sebelum membeli, periksalah bodi mobil tersebut. Perhatikan kondisi cat mobil, apakah ada goresan, penyok, atau bekas tambalan. Perhatikan juga bagian atas mobil. Kondisi bagian atas mobil yang masih bagus adalah yang masih tebal, hal ini berguna untuk melindungi suhu udara di dalam mobil terutama pada siang hari. Perhatikan juga kondisi ban dari mobil tersebut. Jika ada yang menipis, ini akan membuat Anda harus menggantinya dan tentu akan mengeluarkan uang lebih.

5. Periksa mesin
Jika Anda kurang mengerti mesin, mintalah seorang mekanik atau teman yang mengerti untuk membantu Anda memeriksa mesin mobil. Periksalah selang-selang dan pastikan semua bebas dari kebocoran dan korosi. Buka dan tutuplah oli mesin mobil tersebut, dan periksa. Jika ada bekas buih, tandanya oli mobil tersebut telah bocor.

6. Periksa bagian dalam mobil
Periksa jok dan sarung mobil, apakah ada yang robek atau rusak. Nyalakan mesin mobil dan cek fungsi ac apakah masih berfungsi baik dengan cara menyalakannya. Periksa juga bagian speedometer mobil tersebut. Mobil dengan kondisi baik memiliki jarak tempuh yang normal, dengan rata-rata 16.000 hingga 24.000 km dalam setahun.

7. Lakukan test drive
Anda akan lebih mudah memeriksa kenyamanan dan keadaan mobil dengan melakukan test drive. Yang terpenting adalah memeriksa bagian rem pada mobil. Rem yang baik tidak akan menimbulkan getaran pada pedal dan berbunyi mendecit saat anda mengerem pada kecepatan 50 km/jam.

8. Periksa kelengkapan surat kendaraan
Memeriksa segala kelengkapan surat kendaraan seperti buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) adalah hal yang sangat penting. Periksa keaslian cap dan tanda tangan di bagian pengesahan BPKB dan STNK tersebut. Surat-surat yang asli bagian pengesahannya disertai dengan hologram yang dapat diperiksa di bawah sinar matahari.

Salah satu mobil bekas yang paling banyak ditawarkan adalah mobil Honda. Harga mobil bekas Honda yang tidak terlalu tinggi menjadi salah satu alasan mobil ini banyak diminati. Dengan harga yang terjangkau, mobil bekas Honda memiliki kualitas dan performa yang tergolong baik.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×