Tips and Tricks

Tips Jual & Beli di OLX Agar Lebih Mudah dan Aman

2 Komentar

Siapa sih yang nggak mau jual & beli barang dengan mudah dan aman? Sebelum melakukan jual atau beli barang secara online, ada baiknya OLXer membaca tips di bawah ini, agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk OLXer yang sedang mencari barang di OLX, berikut beberapa tips nya:

  1. Ketika mencari barang, usahakan untuk mencari penjual yang lokasinya dekat dengan lokasi kamu agar memudahkan saat CoD.
  2. Baca deskripsi barang dengan saksama. OLXer juga jangan mudah tergiur dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, ya!
  3. Jika belum bertemu dengan penjual, jangan lakukan transfer baik DP (Down Payment) maupun full payment.
  4. Jangan pernah mengirimkan dokumen pribadi seperti KTP, SIM, NPWP, dan lainnya kepada penjual.
  5. Sebelum transaksi, ajak penjual untuk bertemu (CoD) pada siang hari dan di tempat ramai untuk mengecek kondisi barang secara langsung. Jangan lupa, ajak teman untuk menemani saat CoD, ya!
  6. Sebelum transfer, pastikan nomor rekening penjual valid. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu ke situs cekrekening.id.

Sama halnya dengan pembeli, penjual pun harus tetap berhati-hati dalam bertransaksi. Contohnya, jika pembeli melakukan hal yang tidak wajar, seperti memaksa melakukan transfer melalui metode pembayaran tertentu, OLXer perlu waspada. Apalagi jika pembeli mengajak CoD namun di tempat gelap dan sepi. Jangan mau ya, OLXer! Serta, ingat untuk tidak menyerahkan barang kepada pembeli dengan alasan apapun, sebelum pembeli melakukan pembayaran

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan, jika pembayaran dilakukan dengan cash, periksa keaslian uang saat bertransaksi. Jika pembayaran melalui transfer, pastikan pembeli mengirimkan bukti transfer.

Semoga tips ini dapat membantu OLXer dalam menjual ataupun membeli dengan lebih aman dan nyaman!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×