Tips and Tricks

7 Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

0 Komentar

tips berkendara saat hujan

Indonesia adalah negara beriklim tropis yang memiliki dua musim, yakni kemarau dan hujan. Saat memasuki musim hujan, aktivitas di luar ruangan seperti mengendarai motor akan terhambat. Genangan dan aliran air di jalanan serta derasnya curah hujan seringkali menjadi potensi bahaya bagi para pengendara motor.

Agar OLXer terhindar dari bahaya saat berkendara, berikut 75 tips berkendara saat hujan bagi pengendara motor yang wajib dipelajari!

Pilih alas kaki dan jas hujan yang tepat

Saat musim hujan, jangan lupa menggunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air, dan aman untuk berkendara. Selain itu, persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana karena lebih aman dibandingkan dengan ponco.

Periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat

Berikutnya, jangan lupa untuk rutin memeriksa kondisi pedal rem, gas maupun kopling kendaraan. Selain itu, OLXer juga perlu nih memberikan perawatan ekstra pada motor  selama musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat yang bisa saja terjadi.

Periksa tekanan udara ban secara rutin

Kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban juga perlu diperiksa secara rutin, minimal 1 minggu sekali. Hal ini sangat perlu dilakukan agar OLXer mengetahui kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik, untukagar mencegah kendaraan tergelincir (slip) pada saat hujan.

Berkendara dengan jarak aman

Jarak aman dengan pengendara lain juga menjadi hal penting saat berkendara di musim hujan. Jarak aman pengereman memerlukan ruang yang lebih jauh saat hujan dibandingkan dengan kondisi kering.

Kurangi kecepatan kendaraan agar tidak tergelincir

OLXer juga harus mengurangi kecepatan kendaraan agar ban tidak tergelincir (selip) ketika berkendara saat hujan. Saat hujan, permukaan jalan menjadi licin akibat bercampurnya oli dengan air sehingga kecepatan rendah bisa membuat alur ban kendaraan lebih banyak bersentuhan dengan aspal dan membuat daya cengkram ban yang lebih baik.

Jangan menerobos genangan air

Tips berikutnya adalah hindari menerobos genangan air karena kedalamannya tidak diketahui. Bila sembarang menerobos genangan air, maka kendaraan bisa saja mogok atau terperosok ke dalam lubang di dalam genangan air tersebut.

Jangan menghidupkan mesin saat terjebak banjir

Tips terakhir, jangan menghidupkan mesin jika kendaraan mogok karena terjebak banjir. Air yang masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pengapian sehingga terjadi korsleting dan kendaran terbakar. Sebaiknya dorong kendaraan ke tempat yang aman terlebih dahulu sebelum menghidupkannya kembali.

Nah, itu dia 7 tips berkendara saat hujan yang bisa OLXer terapkan. Semoga bisa membantu OLXer agar lebih berhati-hati dan waspada di perjalanan ya!

Pesan dari OLX setiap pengendara pasti ingin bisa cepat sampai di tempat tujuan. Tetapi, utamakan selalu kehati-hatian agar bisa selamat sampai tujuan.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×