News from OLX

Tips Berkendara Saat Berada di Dekat Truk dan Bus

0 Komentar
Ilustrasi kecelakaan. (stuff.co.nz)

OLXer pasti sering mengalami rasa cemas jika berkendara dekat dengan bus atau truk. Sebab, dua jenis kendaraan besar ini kerap lalu lalang dan mengalami masalah.

Parahnya nih, tak jarang beberapa pengendara mobil maupun sepeda motor jadi korban, sehingga terjadi kecelakaan yang menyebabkan luka ringan atau hilangnya nyawa. Iihh…seremkan.

Nah karena itu, salah satu praktisi keselamatan berkendara, Jusri Pulubuhu menyatakan, ada baiknya pengendara mobil maupun sepeda motor mengantisipasi jika ada truk atau bus.

“Bahwa truk bisa berhenti tiba-tiba. Truk juga dapat berhenti dimana dan kapan saja,” ucap Jusri dalam pesan tertulisnya, Jumat (11/1/2019).

Karena itu, pria yang juga merupakan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi di sekitaran truk dan bus.

  1. Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman memang diperlukan. Setidaknya, truk dan bus memiliki bodi sangat besar. Karena itu pengemudi yang berada di belakang atau disekitarnya mengalami daya jangkau terbatas.

Saat berada di belakang truk, biasanya pengemudi sendiri lebih banyak mengalami blind spot di beberapa area. Karena itu, ada baiknya berhati-hati.

2. Hal tak terduga

Meski Anda sudah di jalur yang benar, namun bukan tak mungkin akan terjadi hal yang tak terduga dilakukan pengendara lain, tak lain karena sopir bandel.

Perlu dicatat, jika saat melewati belokan kurangi kecepatan. Dengan begitu, Anda bisa bereaksi dengan cepat.

Oia nih OLXer, kalau kondisi jalanan rusak, diusahakan tak perlu salip menyalip ya, karena berbahaya, seperti bisa mengakibatkan terjatuh atau hilang keseimbangan.

3. Fokus

Fokus disini bukan hanya sekedar saat di jalanan, tetapi kondisi kendaran dan pengemudi harus dalam kondisi prima.

Apabila memang merasa kurang enak badan ada baiknya menepi terlebih dahulu ya. Jangan dipaksakan. Selain itu, hindari aktifitas lain saat mengemudi seperti bermain telepon genggam, makan bahkan merokok.

4. Dibenarkan & Aman segera salip kendaraan dimuka atau sediakan jarak aman

Karena itu, jika Anda ingin menyalip ada baiknya melihat kondisi sekitar, dan pastikan ketika menyalip dengan cepat dan tepat.

Namun sebelum menyalip ada baiknya membunyikan klakson atau kedipkan lampu sebagai isyarat.

Semoga tips diatas bisa menjadi masukan saat OLXer berkendara dan nemuin kondisi harus berada di belakang bus ataupun truk. Keep safety yaaa guys….

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×