Tips and Tricks

Tips Berkendara Aman dan Nyaman untuk Bikers Perempuan

0 Komentar

Dalam setahun terakhir, lelucon dan meme soal kaum perempuan pengendara sepeda motor banyak beredar di dunia maya. Rata-rata, aneka meme itu memperolok tabiat sebagian pengendara motor perempuan yang dinilai keliru di jalan raya, seperti menyalakan lampu sein kiri padahal berbelok ke kanan, atau mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm.

Sebetulnya perilaku keliru di jalan raya tidak ada kaitannya dengan gender. Pengendara sepeda motor laki-laki juga banyak yang melakukan hal itu. Agar tidak menjadi korban stereotip semacam itu, bikers perempuan perlu mengetahui tips berkendara aman dan nyaman di jalan raya.

Memakai pakaian nyaman
Perempuan selalu diasosiasikan dengan pakaian feminin seperti rok atau sepatu hak tinggi. Ada baiknya, pakaian semacam itu tak digunakan saat mengendarai sepeda motor. Rok dan sepatu hak tinggi akan membatasi gerak saat naik motor. Hal itu bisa mengganggu kamu saat mengendalikan kendaraan, bahkan ketika harus berhenti mendadak, pakaian yang tidak sesuai bisa mengurangi reflek, sehingga berpotensi mencelakakan.

Jangan mencangklong tas

800-MotorCewek2
Kaum perempuan sering menjadi sasaran jambret saat sedang naik sepeda motor. Pemakaian tas dengan cara dicangklongkan di bahu mengundang orang yang berniat jahat untuk merampas tasmu. Selain itu, posisi tas di bahu berpotensi membahayakan keselamatanmu di jalan. Jika tas dijambret atau tersangkut benda lain, keseimbangan akan terganggu sehingga rawan terjatuh. Sebaiknya simpan tas di dalam bagasi di bawah jok sepeda motor. Jika tak memungkinkan, kaitkan tas pada kaitan yang biasa terdapat di bawah stang motor, atau gunakan boks tambahan agar barang kamu lebih aman.

Gunakan alat perlindungan diri
Helm tentu jadi piranti wajib saat mengendarai motor. Tapi helm saja tak cukup. Gunakan masker dan sarung tangan untuk melindungi diri  dari paparan polusi dan sengatan sinar matahari. Jika perlu, gunakan body-protector agar angin tidak langsung menerpa tubuhmu saat berkendara.

Kenali mekanisme dasar sepeda motor

800-MotorCewek1
Mengenali karakteristik sepeda motor yang kamu gunakan akan bermanfaat dalam kondisi-kondisi tertentu, misalnya saat mogok. Setidaknya kamu tahu komponen apa saja yang perlu dicek jika motor tidak mau hidup. Karena mogoknya sepeda motor tidak selalu akibat kehabisan bensin. Pelajari cara membuka dan memasang busi, serta mengenali busi yang sudah harus diganti.

Utamakan safety riding
Safety riding bukan hanya soal menaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Tapi juga soal sikap  selama berkendara. Jangan mudah terpancing emosi jika ada pengendara lain yang bersikap menyebalkan atau mengganggu di perjalanan. Jangan berhenti di tempat sepi jika ada kondisi darurat.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×