Tips and Tricks

Tips Aman dan Nyaman Mengemudi Saat Mudik

0 Komentar

Musim mudik menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi yang biasa menyetir di perkotaan. Kondisi jalan dan lalu lintas yang berbeda di perjalanan ke luar kota menuntut pengemudi lebih berhati-hati dan ekstra waspada. Kondisi fisik pun harus dijaga agar tak kelelahan di jalan. Berikut tips aman dan nyaman berkendara saat mudik:

Safety Driving

Safety driving
Mengemudi secara aman bukan sekadar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menjalankan kendaraan pada batas kecepatan. Lebih dari itu, safety driving adalah menyiapkan mental untuk bersikap pasif di jalan raya. Jangan mudah terpancing oleh pengemudi lain yang ugal-ugalan. Tidak perlu mengebut saat jalan kosong, terutama di jalan tol dan jalan lintas provinsi, karena kamu mungkin tidak mengenal situasi setempat. Selalu bersikap mengalah dan menghormati pengguna jalan lain demi kenyamanan bersama.

 

Menjaga Konsentrasi

Konsentrasi
Saat mengemudi, selalu cek kaca spion kiri dan kanan, serta tengah. Cara ini ampuh mengusir rasa bosan dan mengantuk, terutama saat mengemudi di jalan lurus. Jangan terpaku melihat ke arah depan karena kamu bisa kehilangan fokus. Mengecek spion juga meningkatkan kewaspadaan kamu terhadap kondisi sekitar. Jangan menelepon atau mengoperasikan peralatan lain saat menyetir, gunakan handsfree atau minta bantuan penumpang.

 

Mengemudi Efisien

Rem
Gaya mengemudi sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Agar bensin lebih irit, jangan melakukan akselerasi (menginjak pedal gas) secara tiba-tiba. Begitu juga dengan pengereman. Sebelum menghentikan mobil, turunkan kecepatan secara gradual, tidak perlu menginjak pedal rem dalam-dalam. Jika memakai transmisi otomatis, saat menghadapi kemacetan cukup mainkan pedal rem, tanpa harus menginjak pedal gas.

 

Siapkan Kebutuhan Darurat

Nomor penting
Jika kamu sudah melengkapi kendaraan dengan peralatan untuk kondisi darurat, jangan lupa juga catat nomor-nomor penting. Seperti kepolisian, operator jalan tol, dan bengkel kendaraan kamu. Meski hal ini bisa dicari lewat internet di ponsel, ada baiknya kamu menyimpan catatan nomor-nomor darurat secara terpisah. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi jaringan seluler di jalur mudik belum tentu bagus. Manfaatkan posko mudik yang tersebar sepanjang jalan untuk beristirahat dan memeriksakan kondisi kendaraan.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×