Tips and Tricks

Tipe Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Kamu Ditilang Polisi

0 Komentar

Punya motor baru memang bisa bikin kamu senang bukan kepayang. Apalagi, kalau motor yang baru kamu beli adalah motor yang sudah kamu damba-dambakan selama ini. Hasil jerih payah bekerja dan menabung, akhirnya bisa bikin kamu membawa pulang si cantik yang biasanya cuma bisa kamu lihat di Instagram orang-orang.

Biasanya, hal pertama yang muncul setelah membeli motor baru, adalah nafsu untuk memodifikasi motor kamu. Bahkan nggak jarang, rencana modifikasi itu sudah ada sejak motor belum sampai ke garasi rumah. Nah, daripada kamu sudah terbakar semangat buat modif motor kamu, lebih baik perhatikan beberapa tipe modifikasi yang bakal bikin kamu ditilang polisi di jalan.

Mengubah Plat Nomor
Kesalahan paling dasar dari para pemilik motor baru, adalah keinginan untuk mengganti plat nomor yang diberikan oleh Samsat, dengan plat lain dengan desain yang lebih kekinian. Dari sisi keindahan untuk mata, memang nggak ada yang salah dengan hal ini. Plat nomor yang kita dapatkan dari kepolisian agak kurang indah untuk dipandang mata. Wajar saja ini jadi naluri dasar yang biasanya langsung dilakukan tanpa berpikir panjang.

Tapi jangan salah, Polisi mewajibkan semua kendaraan bermotor untuk menggunakan plat nomor yang diberikan, dan tidak menggantinya. Pada setiap plat nomor tersebut, ada cap Kepolisian yang nggak bakal bisa kamu palsukan. Jadi, daripada kamu mesti ditilang, mending biarin aja deh plat nomor kamu.

Pasang Stiker Di Plat Nomor
Akhir-akhir ini, banyak orang yang entah kenapa memasang stiker tambahan pada plat nomornya. Mulai dari stiker bendera negara sendiri, negara lain, sampai stiker yang nggak jelas juga konsepnya. Nah usut punya usut, ternyata hal ini bisa bikin kamu ditilang loh. Alasannya, balik lagi ke poin sebelumnya. Keberadaan stiker ini dianggap bisa menutup cap Kepolisian yang ada di plat nomor kamu, sehingga Polisi sulit menilai apakah kamu menggunakan plat nomor resmi, atau tidak.

Memasang Knalpot Racing
Terkadang kemampuan kita menabung tidak sejalan dengan kemampuan kita bermimpi. Mimpi kita memiliki motor racing mahal dengan kapasitas mesin ribuan cc, tapi apa daya kemampuan finansial berkata lain. Untuk mengobati kekecewaan, biasanya para rider ini bakal melengkapi motor baru mereka dengan knalpot racing — yang tentunya, harus bersuara mirip dengan suara motor ribuan cc.

MotorModifikasi2

Sayangnya, perbedaan mendasar suara motor racing dan motor racing-racingan tentu terletak pada kapasitas mesin. Sehingga, menggunakan knalpot yang sama, tidak akan membantu apa-apa. Malahan, kamu bakal ditilang polisi karena dianggap mengganggu ketertiban umum dengan knalpot kamu yang super bising itu.

Mengganti Spion
Sering banget nih, di tengah kesempurnaan motor idaman kita, ada satu kekurangan yang nggak bisa diterima. Nah salah satu hal kecil yang memang sering luput dari perhatian pabrikan motor, adalah desain kaca spion. Tentunya, solusi termudah adalah mengganti spion bawaan dengan spion yang bisa kamu beli di toko-toko modifikasi motor. Tapi jangan sampai kamu menggunakan spion yang terlalu kecil, hanya demi kepentingan estetika semata ya. Selain bisa ditilang, kamu juga membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain karena kurangnya kewaspadaan terhadap sekitar saat mengemudi.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×