Tips and Tricks

Tip Membuat Password yang Aman Dari Bahaya Digital

0 Komentar

Di era digital sekarang ini, keamanan identitas dan seluruh data pribadi kamu hanya dilindungi oleh beberapa karakter yang biasa disebut password. Walaupun seringkali sulit ditebak, banyak orang masih mengalami pencurian data akibat password miliknya mampu diketahui orang lain karena beberapa hal. Misalnya, phishing. Atau, password kamu terlalu sederhana dan mudah ditebak oleh mereka yang berniat jahat.

Biar kamu nggak mengalami hal-hal kurang mengenakkan ini, kami punya tips dan trik untuk membuat password. Baca tips berikut ini ya!

Password blog

Jangan Gunakan Data Pribadi Yang Mudah Ditebak
Memang sih data pribadi kamu tuh bisa jadi identitas utama. Tapi ya jangan menggunakan data pribadi yang terlalu obvious. Contoh, jangan gunakan nama kamu sebagai password, sekalipun nama lengkap. Walaupun nama lengkap kamu terhitung panjang, karena terdiri dari empat suku kata, bukan nggak mungkin orang bisa tahu selengkap-lengkapnya.

Selalu Gunakan Simbol-simbol Unik
Salah satu tips untuk membuat password dengan tingkat keamanan tinggi adalah senantiasa menggunakan karakter unik. Namun, hindari juga menggunakan simbol-simbol yang nggak ada di keyboard kamu. Masalahnya, kamu bakal ribet kalau misal butuh login dari tempat lain. Cukup gunakan tanda baca sebagai salah satu karakter pada password kamu. Lebih bagus lagi, jika penempatannya bukan pada awal atau akhir password. Jadi lebih aman deh!

Sebaiknya Buat Beberapa Alternatif Password
Seaman-amannya password kamu, nggak menutup kemungkinan bahwa akun kamu terjamin dari tindak kejahatan. Perusahaan sekelas Yahoo! saja baru-baru ini mengakui bahwa miliaran akun emailnya pernah di-hack. Maka dari itu, ada baiknya jangan gunakan satu password untuk semua akunmu. Coba bikin beberapa alternatif password yang disebar penggunaannya. Paling gampangnya, buat tiga set password untuk: akun pribadi, akun media sosial, dan akun profesional.

Gunakan Layanan Penyimpan Password
Rekomendasi terakhir yang bisa kamu coba adalah menggunakan layanan penyimpan password. Dengan layanan ini, biasanya kamu nggak cuma bisa menyimpan semua password akun-akun kamu, tapi kamu juga bisa membuat password dengan format random — dan kemudian menyimpannya juga di layanan tersebut.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×