Tips and Tricks

Tanda-tanda Aki Soak dan Cara Mengenalinya

0 Komentar

Akumulator atau aki merupakan salah satu komponen yang sangat vital untuk kendaraan. Adanya aki yang berfungsi sempurna akan mempermudah si pengendara dalam mengoperasikan kendaraannya dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Karenanya, mengetahui apakah aki kendaraan mulai rusak atau tidak berfungsi normal sangatlah penting. Menurut Ridwan, salah satu mekanik di Bursa Aki, cara mengetahui kondisi aki kendaraan merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Dia menuturkan, seperti komponen mobil lainnya, aki juga memiliki masa kerja.

Cari aki di OLX, klik di sini

Aki, lanjutnya, baik yang kering maupun yang basah, umumnya  bisa bertahan antara 1,5 hingga 2 tahun.  “Setelah itu biasanya aki tak lagi bisa menyimpan listrik,” ujar Ridwan kepada OLX Indonesia.

Aki2

Ridwan menuturkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui tanda aki mulai soak atau lemah. Yang pertama, perhatikan fisik aki. Jika kondisi aki kendaraan melembung, hal itu merupakan tanda adanya elemen sel yang rusak karena air aki habis atau sudah sampai usia, atau batas masa pakai. Selain itu, hal tersebut juga disebabkan meningkatnya gas hidrogen akibat pengisian listrik yang berlebihan. Jika kondisi seperti itu sudah terlihat, Ridwan menyarankan sebaiknya sesegera mungkin lakukian penggantian untuk menghindari aki meledak.

“Tanda lain aki mulai soak, mesin terasa pincang atau ndut-ndutan (untuk mesin injeksi) seperti kerusakan pada pengapian,” jelas Ridwan.

Baca juga: 8 Kiat Sebelum Memilih Mobil Keluarga

Sementara itu, untuk mengetahui aki yang rusak bisa juga dilakukan dengan cara yang cukup mudah.  Pemilik kendaraan hanya tinggal mengarahkan mobil ke dinding dan menyalakan lampu utama kendaraan. Jika cahaya yang dihasilkan lampu kendaraan redup, berarti kondisi aki sudah tidak bagus dan tidak layak pakai.

Aki4

Tanda aki sudah mulai soak lainnya adalah jika mesin tak bisa dihidupkan, apalagi jika mobil sudah menginap lebih dari satu hari. “Hal ini dikarenakan aki tak menyimpan listrik sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memutar dinamo starter,” ungkapnya.

Lebih jauh, Ridwan berpendapat, indikator aki yang biasanya terdapat di kendaraan tidak bisa dijadikan tolok ukur yang akurat. Sebab, lanjutnya,  warna indikator tersebut belum tentu mewakili kondisi keenam sel yang terdapat di aki. Biasanya, indikator tersebut merupakan visualisasi kondisi sel tertentu saja. “Jika sudah soak, maka aki tidak bisa disetrum ulang karena sel-sel aki yang sudah rusak tidak bisa dipakai lagi,” tegasnya.

AKi1

Mengenai munculnya kerak putih pada permukaan kepala aki, menurutnya  bukanlah indikasi soak. Menurutnya, kondisi tersebut merupakan akibat penguapan berlebihan yang menyusup lewat kutub terminal. Untuk menghilangkannya cukup disiram dengan air panas atau disikat dengan sikat kawat. “Lakukan pengecekan berkala air aki jika sering muncul kerak,” pungkasnya.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×