Tips and Tricks

Syarat Perpanjang STNK 2018 yang Mudah dan Bebas Ribet

0 Komentar

perpanjang stnk 2018

Bagi banyak orang, memiliki kendaraan bermotor sangatlah menguntungkan karena dapat menjangkau banyak tempat dengan waktu yang relatif cepat. Belum lagi ketika seseorang memiliki beragam aktivitas di tempat yang berbeda dalam sehari.

Agar sepeda motor dapat tetap nyaman digunakan serta terjaga kinerja mesinnya, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin, baik itu servis ringan atau sekedar ganti oli.

Namun, perawatan-perawatan tersebut saja tidak cukup. OLXer juga wajib memerhatikan pembayaran pajak kendaraan bermotor, yakni STNK. Bagi yang belum tahu, STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan yang harus dimiliki dan dibayarkan sekali setahun.

Pengendara kendaraan bermotor tidak hanya wajib membawa SIM, melainkan juga STNK. Untuk memperpanjang STNK, OLXer bisa melakukannya sendiri di kantor SAMSAT terdekat.

Buat yang masih bingung, berikut ini syarat perpanjang STNK 2018 yang harus diketahui untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. 

Siapkan Kartu Identitas

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan kartu identitas berupa KTP asli dengan fotokopinya dan STNK asli. Selain hal tersebut, OLXer juga sebaiknya memerhatikan kesamaan nama yang tertera di STNK dan KTP. Kartu identitas yang lengkap dan sesuai memudahkan OLXer agar pengurusan STNK tidak ribet.

Datangi Kantor Samsat

Setelah berkas siap, datanglah ke kantor SAMSAT terdekat. Ambil nomor antrian di penjaga, kemudian ambil map di loket pendaftaran bayar pajak motor. Isi formulir serta dokumen yang terlampir di dalam map dan tunggu giliran antrian OLXer untuk memberikan map tadi ke petugas.

Siapkan Biaya perpanjang STNK

Biaya perpanjang STNK akan dimintai oleh petugas loket ketika antrian tiba. Untuk besar biaya yang harus dibayarkan akan berbeda-beda tergantung sepeda motor yang OLXer miliki. Semakin besar kapasitas mesinnya, semakin mahal biayanya.

Menunggu STNK Baru

Apabila pembayaran telah selesai dilakukan, OLXer tinggal menunggu STNK baru. Petugas loket akan memanggil OLXer jika STNK telah diperbarui. Untuk menandai bahwa STNK telah diperpanjang, OLXer bisa melihat cap tanda yang tertera. Jika sudah demikian, maka urusan memperpanjang STNK pun selesai.

Nah, itu tadi 4 syarat mudah perpanjang STNK. Jika OLXer masih merasa kesulitan atau tidak punya banyak waktu kosong, maka pembayaran STNK online pun dapat menjadi pilihan.

Untuk sementara ini, pembayaran pajak online kendaraan bermotor masih terbatas di tiga wilayah, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, serta Banten. Pembayaran pajak online kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta dapat dilakukan di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, serta Jakarta Timur. Bagi mereka yang berdomisili di Jawa Barat, proses ini bisa dilakukan di kawasan Depok, Cinere, serta Cikarang dan Bekasi. Sementara untuk daerah Banten berlaku di BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, dan Balaraja.

Jika OLXer hanya ingin mengecek STNK secara online, kunjungi situs resmi SAMSAT daerah kamu dan masukkan nomor plat dengan menambahkan angka 0, misalnya B 0123 RFS. Setelah proses pengecekan selesai, akan muncul semua informasi yang berhubungan dengan pajak kendaraan.

Demikian informasi tentang perpanjangan STNK terbaru yang bisa OLXer terapkan. Tunggu apalagi? Segera bayar pajak kendaraan OLXer sebelum jatuh tempo ya!

 

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×