Trends

Spotify vs JOOX, Kamu Pilih yang Mana?

0 Komentar

Sudah bukan rahasia lagi, kalau mendengarkan musik saat ini nggak sesusah jaman dulu lagi. Kamu nggak perlu repot-repot beli kaset atau CD di toko langganan, cukup beli lagu yang kamu suka di internet. Karena kemudahannya, nggak heran kalau pembajakan makin menjadi. Mungkin banyak yang merasa mahal jika harus membeli setiap lagu yang ingin didengarkannya.

Jangan sedih, sekarang ada layanan streaming musik online yang bisa diakses di Indonesia. Dari sekian banyak layanan yang tersedia, bisa dibilang kedua terbaik adalah Spotify dan JOOX. Daripada mesti nyobain satu-satu, kami akan coba membandingkan keduanya, supaya kamu nggak salah pilih:

1. Cara Membuat Akun
Mungkin kamu sudah lama mendengar nama Spotify, sebagai layanan streaming musik terbesar di dunia saat ini. Dengan koleksi miliaran, dan juga fitur jagoan, nggak heran banyak orang menggunakan Spotify sejak lama. Awalnya layanan ini hanya tersedia di beberapa negara besar seperti Amerika, Inggris, dan Singapura. Beruntung akhirnya Spotify memutuskan untuk membuka layanannya di Indonesia, sehingga pengguna Indonesia bisa mendaftar dengan mudah menggunakan alamat email atau Facebook mereka.

shutterstock_277689737

JOOX pun nggak jauh berbeda. Untuk mendaftar, kamu bisa menggunakan alamat email atau Facebook kamu. Setelah membuat akun, kamu bisa langsung mendengarkan lagu tanpa ribet. Jadi Spotify vs JOOX sama-sama mudah dalam proses pendaftaran.

2. Bisa gratis, kenapa bayar?
Kedua layanan ini bisa diakses dengan gratis. Kamu nggak perlu bayar apapun untuk mendaftar dan mulai mendengarkan lagu kesukaan. Tapi ada beberapa fitur yang nggak bisa diakses jika kamu nggak berlangganan versi Premium.

shutterstock_340967201

Di Spotify contohnya, jika kamu berlangganan versi Premium, maka kamu nggak perlu mendengarkan iklan-iklan yang biasanya diputar saat jeda lagu. Atau, kamu juga bisa mendownload semua lagu yang kamu suka langsung ke smartphone kamu. Jadi, kamu nggak perlu takut kehabisan paket data lagi. Sedangkan di JOOX, beberapa koleksi lagu dilabeli “VIP”. Artinya, kamu harus berlangganan versi premium dulu sebelum kamu bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan ini. dalam hal ini Spotify vs JOOX sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Kalau fitur-fitur tambahan itu nggak cukup, mungkin memang kamu sudah cukup puas dengan versi gratisan. Nggak ada salahnya kok 🙂

3. Lengkapnya koleksi lagu
Memilih layanan streaming lagu memang bukan perkara gampang. Ibaratnya, kamu menyerahkan semua taste dan koleksi lagu kamu ke sebuah layanan baru. Nggak jarang, karena selera kamu yang terlalu unik, sulit menemukan layanan musik yang punya koleksi lagu yang cukup lengkap untuk memenuhi selera kamu.

mydramalistdotcom

JOOX punya banyak koleksi lagu lokal, dari mulai dangdut, pop, hingga keroncong. Sedangkan Spotify tentu punya koleksi lagu mancanegara yang lebih lengkap. Beberapa album baru pun diluncurkan langsung dan eksklusif hanya di Spotify. Spotify vs JOOX Kira-kira mana yang lebih cocok buat kamu, lagu lokal, atau luar?

4. Fitur Unik
Yang namanya penjual layanan atau jasa, pasti punya satu fitur kebanggaan yang mampu menarik pengguna agar mendaftar dan berlangganan. JOOX punya fitur lirik dengan sinkronisasi timing yang pas. Kebayang kan serunya dengerin lagu sambil ikut karaokean sendirian? Nggak perlu ribet-ribet ke tempat karaoke deh.

Gif diunduh dari www.fmdos.cl
Gif diunduh dari www.fmdos.cl

Sayangnya, Spotify nggak punya fitur lirik seperti JOOX. Tapi jangan sedih, Spotify punya fitur yang bisa memperluas khasanah permusikan kamu yang diberi nama Discover Weekly. Fitur ini akan memberikan playlist yang berisi rekomendasi lagu berdasarkan musik yang kamu dengar seminggu terakhir. Ibaratnya, Spotify bakal ngasih kamu playlist spesial setiap minggu, yang khusus dibuat untuk kamu.

Comments are closed.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×