Akhirnya hari itu datang juga. Tanggal 13 September waktu Indonesia, Apple mengenalkan beberapa produk baru yang diadakan di Steve Jobs Theater di California. Ada beberapa produk yang diperkenalkan oleh Apple, seperti Apple Watch seri ketiga, Apple TV baru, dan tentunya yang paling ditunggu oleh Apple Fanboys, adalah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.
Tapi, ada one more thing di peluncuran kemarin. iPhone X namanya. iPhone ini hadir untuk menandai 10 tahun keberadaan iPhone di pasaran. Seperti apa perbandingan dari kedua smartphone terbaru Apple ini?

Kemampuan baru wireless charging
Dengan tampilan yang elegan khas Apple, ketiga seri iPhone ini menggunakan bahan kaca pada tampilan belakangnya. Mungkin hal ini cukup berbeda dengan lapisan belakang seri iPhone sebelumnya yang menggunakan aluminium teranodik. Lapisan kaca ini berguna untuk fitur baru Apple yakni wireless charging. Jadi, kamu cukup meletakkan iPhone kamu di atas wireless charger dan baterai iPhone akan otomatis terisi. Tetapi sayangnya kamu masih perlu mengeluarkan biaya tambahan jika ingin menikmati wireless charger milik Apple, yang rencananya baru akan keluar tahun depan dengan nama AirPower Mat.

WirelessCharging-DigitalTrends
Sumber: Digital Trends

 

Hasil foto potrait lebih baik
Satu fitur tambahan yang tidak ada pada series sebelumnya adalah fitur Potrait Mode dan Potrait Lighting. Kedua mode ini ditujukan agar kamu dapat menghasilkan foto potrait dengan pengaturan cahaya yang disesuaikan untuk menampilkan objek foto manusia yang lebih menonjol dibandingkan dengan backgorund-nya, dengan cara pengaturan warna wajah, kontur wajah, serta efek pencahayaan. Sehingga kamu tidak perlu lagi meng-edit foto kamu untuk mendapatkan foto yang oke dengan dua mode ini.

Pandangan luas dengan layar yang lebar
Nah, untuk perbedaan yang cukup signifikan antara iPhone 8 dan 8+ dengan iPhone X ada pada tampilan depannya. Kamu masih akan menemukan tampilan depan yang sama untuk iPhone 8 dan 8+ dengan series sebelumnya, tetapi untuk iPhone X, Apple menghilangkan touch button yang menjadi ciri khas Apple ini. Dengan berbahan oled, layar iPhone X memenuhi keseluruhan layar depan tanpa meninggalkan sedikit bezel sama sekali, sehingga semua aktivitas yang dilakukan pada iPhone X hanya tinggal menggeser layar ponsel saja. iPhone X juga diklaim memiliki layar Super Retina Display yang berbeda dengan iPhone series yang lain yakni hanya Retina Display. Dengan Super Retina Display ini, iPhone X memiliki kontras yang lebih bagus, resolusi tinggi, dan juga warna yang lebih kaya dan akurat.

FaceID pengganti TouchID
Apple juga mengenalkan fitur terbarunya yang hanya ada pada iPhone X, yakni FaceID. Dengan kemampuan canggih yang ditawarkan untuk kamera depannya, kamu akan dengan mudah membuka iPhone kamu jika kamu sudah mendaftarkan wajah kamu pada iPhone kamu. FaceID ini juga diklaim akan lebih aman dibandingkan dengan fitur TouchID terdahulu, karena Apple akan merekam wajah kamu sampai titik terkecilnya. Tidak perlu khawatir akan perubahan yang ada pada wajahmu, karena FaceID akan mengenali setiap perubahan yang terjadi pada dirimu. Dan fitur FaceID ini tidak hanya akan digunakan untuk membuka iPhone, tapi juga bisa digunakan untuk hal lainnya seperti Apple Pay, dan aplikasi-aplikasi third-party lainnya yang menggunakan TouchID untuk proses verifikasi.

Sumber: Ars Technica
Sumber: Ars Technica

Animoji, fitur emoticon baru pada iMessage
Untuk kamu yang senang bereksperimen dengan emoticon, Apple juga mengenalkan pengalaman baru bagi mereka pengguna iPhone X ini. Dengan kemampuannya mengenali wajah dan ekspresi, kamu bisa menggunakan emoticon pada level selanjutnya. Fitur terbaru ini akan dinamakan Animoji, yang diperkenalkan satu paket dengan iPhone X. Animoji ini akan membuat pengalaman kamu dalam mengirim pesan menggunakan iMessage lebih seru, karena kamu dapat merekam dan memfoto ekspresi wajah kamu yang akan ditampilkan dengan emoji favorit kamu. Kamu bisa mengirimkannya sebagai video atau sticker.

Bagi kamu yang berminat untuk mengganti smartphone lama kamu dengan iPhone terbaru tetapi masih ingin menikmati design yang sama atau dengan budget yang lebih menunjang, maka iPhone 8 dan 8+ merupakan pilihan yang tepat bagimu. iPhone 8 dan 8+ akan hadir dengan 3 warna, yakni emas, silver, dan space grey dengan memori mulai dari 32GB hingga 256GB. Harga dimulai sekitaran $699, yang baru akan keluar pada 22 September ini di Amerika dan negara lainnya.

Jika kamu ingin menikmati hal yang baru yang ditawarkan oleh Apple dan memiliki budget yang lebih besar, maka kamu bisa memilih iPhone X. iPhone X akan hadir dengan dua warna yakni silver dan space grey, dengan memori penyimpanan 64GB dan 256GB. iPhone X ini dapat kamu beli dengan harga $999 dan akan tersedia mulai 3 November di Amerika dan negara lainnya.

Jadi, yang mana yang kamu pilih?

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×