Tips and Tricks

Sayangi Mata Kamu dengan Mengoptimalkan Fitur Ini di Smartphone

0 Komentar

Sadar nggak sih kamu, dari 24 jam yang tersedia selama satu hari, berapa lama mata kita harus menatap layar smartphone? Apalagi jaman sekarang, rasanya kita nggak bakal bisa berpisah sebentar saja dengan smartphone kita. Dari mulai soal pekerjaan, iseng-iseng browsing barang belanjaan di OLX, hingga update Instagram Story waktu lagi di coffee shop.

Ternyata, semakin lama kita menatap layar smartphone, bahaya nyata justru mengintai mata kita. Salah satu efek langsung yang biasanya terasa adalah mata gampang lelah, hingga sakit kepala. Malah kadang saking lamanya menatap layar smartphone, kita jadi sulit untuk tidur di malam hari.

Mata-blog

Agar hal-hal nggak ngenakin ini nggak terjadi pada kamu, coba deh manfaatin beberapa fitur yang tersedia di smartphone kamu sekarang juga. Contohnya:

Atur Night Mode
Buat kamu yang belum tahu, fitur ini tersedia di semua smartphone yang berbasis sistem operasi Android dan iOS. Jika kamu menggunakan smartphone Android, cukup swipe ke bawah untuk menuju menu notifikasi, dan kamu bisa langsung mengaktifkan fitur night mode. Untuk iOS, caranya nggak jauh berbeda.

Kamu bukan tipe orang yang rajin? Jangan sedih. Fitur ini bisa kamu jadwalkan. Contoh, kamu bisa mengatur smartphone kamu agar mengaktifkan fitur ini sejak matahari terbenam, hingga terbit lagi. Atau kamu juga bisa mengatur jadwal dengan jam tertentu. Jadi kamu nggak perlu ribet-ribet nyalain-matiin tiap hari.

Nyalakan Auto Brightness
Salah satu fitur yang sering dilupakan pengguna smartphone adalah auto brightness. Walaupun terlihat sepele, fitur ini sebenarnya bisa membantu mata kita. Cara kerjanya, smartphone kamu akan menggunakan sensor untuk mendeteksi intensitas cahaya yang ada di tempat kamu berada, lalu mengubah brightness level secara otomatis pada level yang dianggap paling cocok untuk kondisi saat itu.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengurangi beban yang ditanggung mata kamu karena layar smartphone yang terlalu terang atau terlalu gelap. Walaupun terlihat sepele, beban berat justru ditanggung mata harus senantiasa beradaptasi dengan perubahan cahaya pada smartphone, lho. Jangan dianggap sepele ya!

Instal Aplikasi Tambahan
Kemunculan fitur night mode pada sistem operasi Android dan iOS sebenarnya bukan inovasi baru. Jauh sebelum fitur ini disediakan Apple dan Google, banyak pengembang aplikasi yang sudah membuat aplikasi khusus untuk ini. Jadi jika kamu ngerasa fitur bawaan Android dan iOS kurang membantu, mungkin kamu bisa coba cari-cari aplikasi yang ada di Play Store atau App Store.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×