Tips and Tricks

Saran untuk Memilih Kost yang Tepat

0 Komentar

Banyak orang yang sudah mulai menyiapkan segala keperluan untuk memasuki tahun ajaran baru yang sebentar lagi akan berganti. Tidak terkecuali bagi para mahasiswa dan mahasiswi baru.

Memasuki dunia perkuliahan bagi kebanyakan orang adalah merupakan tantangan tersendiri. Di bangku kuliah ini kamu akan diajarkan untuk mandiri dan lebih bertanggung jawab pada diri sendiri. Terlebih bagi kamu yang mengenyam bangku perkuliahan di luar kota asal masing-masing. Menempuh pendidikan di luar kota mengharuskanmu untuk kost dan tinggal terpisah dari keluarga. Disarankan untuk memilih kost yang tepat dan nyaman, mengingat kost adalah tempat untukmu tinggali setiap harinya.

Berikut ini adalah tips memilih kost yang tepat.

  1. Lokasi

800-CariKos2

Lokasi adalah hal yang paling harus diperhatikan saat memilih kost. Jika kamu tidak memiliki kendaraan sendiri, carilah rumah yang paling dekat dengan tempat belajar. Hal ini tentunya akan sangat menghemat tenaga dan juga ongkos. Tapi jika kamu membawa kendaraan pribadi, yang agak jauh dari kampus bisa jadi pilihan.

  1. Harga

Pastikan memilih kost dengan harga yang sesuai dengan budget. Lakukan survei mengenai harga pasaran kost di daerah tersebut. Jika menemukan ada kost dengan harga yang lebih, tanyakan pada pemilik kost alasannya. Kemungkinan karena adanya fasilitas tambahan seperti internet atau kamera cctv yang membuat kost tersebut lebih terjamin keamanannnya. Harga kost di setiap daerah/kota berbeda-beda, jadi kamu tidak bisa mematok harga yang sama untuk setiap daerah. Contoh, harga kost di Jakarta tanpa AC setiap bulannya adalah 800.000, di kota lain mungkin kamu bisa mendapatkan fasilitas yang lebih dengan harga yang sama. Jadi jangan buat perbandingan harga antar kota.

  1. Fasilitas

Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika  kamu memiliki budget yang lebih dan kota tempat tinggalmu panas, tidak ada salahnya untuk menyewa kost yang ber-AC. Atau jika ingin hidup lebih hemat saat kuliah, maka pilihlah kost yang memiliki dapur agar kamu bisa memasak sendiri. Sesuaikan dengan budget, kebutuhan, dan kenyamananmu.

  1. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar juga menjadi faktor penting kenyamananmu. Ada orang yang lebih suka tinggal di lingkungan yang ramai, dan banyak mahasiswa satu fakultasnya. Tapi ada juga yang lebih suka tinggal di lingkungan kost yang sepi agar dapat belajar dengan tenang. Hal ini tentunya harus diperhatikan agar kamu merasa betah dan nyaman tinggal di kost tersebut.

  1. Keamanan

800-CariKos1

Hal lain yang paling penting harus diperhatikan adalah keamanan. Lakukan survei apakah lingkungan kost tersebut aman atau tidak. Apalagi bagi  perempuan atau yang membawa kendaraan pribadi. Selalu gunakan kunci ganda dan kenali petugas keamanan di lingkungan tersebut dengan baik.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×