Trends

Review Instax Square: Beli Atau Nggak Ya?

0 Komentar

Sejak kemunculan Instagram, dunia fotografi digital seakan mendapatkan kembali tujuannya. Kamu nggak perlu jadi fotografer profesional buat bisa mengambil foto bagus dan mendapatkan ratusan likes. Kemajuan teknologi kamera digital, dimulai dari DSLR, hingga Mirrorless Camera juga turut ambil bagian dalam menyukseskan generasi Instagram.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang mulai jengah dengan berbagai teknologi digital yang sangat memudahkan. Akhirnya, era kamera analog pun mulai bangkit lagi. Salah satu (semacam) kamera analog yang masih digunakan banyak orang, adalah Instax-nya Fujifilm. Dengan Instax, kamu bisa mengambil dan mencetak foto secara langsung, persis seperti Polaroid jaman dulu. Dari banyaknya jenis Instax, Instax Square adalah versi paling baru dan menarik. Perlu punya nggak, ya?

(Foto: Aaron Yoo via Flickr)
(Foto: Aaron Yoo via Flickr)

Perbedaan Dibanding Instax Lainnya
Instax Square memang berbeda dibanding Instax lainnya. Saat ini, Fujifilm punya tiga model Instax yang memiliki tipe foto yang berbeda-beda. Instax Mini akan menghasilkan foto Portrait. Instax Wide akan menghasilkan foto Wide yang cocok untuk pemandangan. Sedangkan Instax Square akan menghasilkan foto dengan bentuk kotak / square.

(Foto: Aaron Yoo via Flickr)
(Foto: Aaron Yoo via Flickr)

Instax yang Semi Digital
Nah, salah satu kemajuan lainnya dari Instax Square adalah ketersediaan dua tipe shoot: Auto dan Manual. Jika kamu pernah menggunakan Instax (Mini atau Wide) sebelumnya, maka kamu pasti familiar dengan mode Auto. Cukup arahkan Instax kamu ke objek, klik shutter button, dan lembaran foto kamu bakal langsung keluar. Tidak ada yang berbeda dalam mode ini.

Sedangkan pada mode Manual, layaknya pada kamera digital lainnya, kamu bisa memilih foto mana yang ingin kamu cetak. Fitur ini sangat membantu buat kamu yang memang perfeksionis dan selalu pengin mendapatkan hasil yang sempurna. Selain itu kamu juga bisa menambahkan SD Card untuk menyimpan versi digital foto-foto yang kamu ambil dari Instax Square.

(Foto: Aaron Yoo via Flickr)
(Foto: Aaron Yoo via Flickr)

Sayangnya Nggak Ada Wireless Print
Dengan mode Manual Shoot, sayang banget rasanya kalau Instax Square nggak punya wi-fi yang bisa bikin kamu nge-print foto langsung dari smartphone kamu. Padahal dengan banyaknya fitur digital yang dimiliki Instax Square, rasanya nggak terlalu susah lho nambahin fitur ini. Mungkin Fujifilm nggak mau penjualan Instax Share terganggu kali, ya.

Harga Yang Lumayan Mahal
Dengan fitur yang lumayan oke, cuma ada satu yang perlu disesali dari Instax Square. Yaitu, harganya. Untuk sebuah kamera Instax yang punya teknologi jauh berbeda dibandingkan dengan kamera digital lainnya, rasanya 4 juta rupiah terlalu mahal, deh. Dengan nilai uang yang sama, kamu sudah bisa membeli mirrorless camera Fujifilm atau Lumix.

Kecuali kamu anaknya memang analog banget, rasanya nggak sepadan buat beli Instax Square dengan harga segitu. Alternatif kedua, ya coba cari-cari Instax Square dengan harga agak miring di OLX deh. Good luck ya!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×