Kini masyarakat punya pilihan lebih baik dalam memesan taksi Bluebird dan Silver Bird berkat hadirnya 30 unit armada mobil listrik yang mulai beroperasi awal Mei nanti.

Kabar yang paling menggembirakan dari taksi listrik ini adalah karena tarifnya masih sama dengan taksi reguler Bluebird dan Silver Bird yang pakai armada non-mobil listrik.

30 mobil listrik yang jadi armada taksi listrik Blue Bird Group tersebut terdiri dari 5 unit Tesla Model X 75D dan 25 unit lainnya adalah BYD e6.

Blue Bird Group sendiri mengaku punya alasan tersendiri memilih dua merek tersebut. Hal tersebut dijelaskan oleh Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono saat peluncuran armada taksi listrik Blue Bird Group di Jakarta, Senin (22/4/2019).

“Dua merek ini kualitasnya sudah teruji di negara lain dan keduanya juga dipakai sebagai kendaraan umum. Contoh BYD e6, ini mobil listrik yang paling banyak digunakan sebagai taksi di Singapura, Thailand, Malaysia, Belgia dan Belanda, serta beberapa negara Amerika Latin dan di Amerika Serikat,” jelasnya.  

Sebelum memutuskan untuk menggunakan dua merek mobil listrik tersebut pun, Adri mengaku sudah lebih dulu melakukan observasi ke berbagai negara yang sudah mengadopsi mobil listrik sebagai taksi.

“Kebanyakan di Eropa yang sudah adaptasi full elektric vehicle. Kita percaya ini harus dimulai sekarang sekaligus melihat kendala yang bakal kita hadapi nantinya,” lanjut Adri. 

Mungkin banyak kekhawatiran kalau menggunakan taksi listrik dan tiba-tiba low batt akhirnya mogok di tengah perjalanan. Sementara sarana atau fasilitas station charger masih jarang.

Menampik resiko ini, Adri menjelaskan bahwa di mobil listrik sudah ada indikator kapasitas baterai dan sisa jarak yang masih bisa ditempuh. Ini akan jadi acuan supir taksi untuk segera kembali ke pool. 

“Jadi resiko itu secara data tidak kita temukan dan menjadi masalah besar. Contoh Tesla, dengan kapasitas baterai penuh sudah bisa berjalan sejauh 350 sampai 400 km. Itu mengapa Tesla jadi pilihan bagi kami,” pungkasnya. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×