Ketika Mitsubishi Motors memperkenalkan XM Concept sebagai cikal bakal low MPV pertamanya di Indonesia, banyak yang bertanya-tanya. Mampukah model tersebut menumbangkan hegemoni LMPV kembar Avanza Xenia, atau hanya menjadi sekadar pilihan alternatif bagi konsumen yang bosan dengan pilihan itu-itu saja.

Pasalnya XM Concept menawarkan sebuah bentuk desain yang memang berbeda dari MPV lainnya. Futuristik dan sangat kekinian. Sehingga orang berpikir versi produksinya nggak mungkin sekeren itu.

Dan akhirnya pada Agustus 2017, tepatnya di hari pertama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), versi produksi massal dari XM Concept meluncur pertama kalinya. Bukan hanya pertama di Indonesia atau pasar Asia, melainkan menjadi world premiere.

Namanya pun bukan lagi XM Concept melainkan Mitsubishi Xpander, yang belakangan menjadi nama mobil paling ‘boombastis’ dan dibicarakan hampir semua orang.

Tampilan wajah serta bentuk desain ala-ala mobil masa depan dengan deretan fitur kekinian membawa Mitsubishi Xpander saat ini sebagai low MPV paling laku dan paling diinginkan konsumen mengalahkan model LMPV lainnya.

Cuma dalam kurun waktu 18 bulan sejak meluncur di Agustus 2017 sampai ke Februari 2019 penjualan LMPV berpenggerak roda depan ini mampu menyentuh angka penjualan hingga 100.000 unit.

Mitsubishi Xpander yang hampir di seluruh ajang penghargaan menjadi mobil terbaik langsung laris bak ‘kacang goreng’ sekaligus menjadi pencipta rekor model MPV dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

“Ini adalah sebuah rekor karena hanya dalam 18 bulan sudah bisa mencapai pejualan 100.000 unit di Indonesia untuk model LMPV. Kami tidak akan berhenti dan berpuas hati sampai disini saja. Kami akan terus bertekad untuk jadi nomor satu di Indonesia,” sambut Michimasa Kono, Direktur Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Xpander 100.000 Unit
Hanya dalam waktu 18 bulan penjualan Xpander capai angka 100.000 unit (Istimewa)

Xpander juga menjadi penyumbang penjualan retail terbanyak untuk seluruh line up kendaraan penumpang Mitsubishi Motors sepanjang 2018 lalu.

Dari total 98.964 unit mobil penumpang Mitsubishi yang terjual, Xpander menyumbang angka 75.772 unit, disusul Pajero Sport 4×2 sebanyak 20.048 unit dan Pajero Sport 4×4 sebanyak 1.693 unit. Sisanya dari model lain seperti Outlander Sport, Mirage dan Delica.

Dengan pencapaian tersebut, MMKSI pun siap-siap ngegas untuk mengejar target tahun ini demi mewujudkan ambisi menjadi produsen otomotif nomor satu di Indonesia.

Untuk menuju kesana, tahun ini berbagai perencanaan sudah disusun PT MMKSI. Mulai dari upaya terus menambahkan jaringan hingga menjadi 153 diler resmi, sampai dengan meningkatkan produksi tahunan dari 120.000 menjadi 160.000 unit per tahun.

Tentu tidak ketinggalan menghadirkan model-model baru serta penyegaran produk untuk semakin menggoda minat beli konsumen. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×