Sebelum melakukan perjalanan, pemilik mobil kerap kali hanya ingat kendaraan yang dibawa sudah terisi bahan bakar dan juga uang saku untuk membayar tol atau parkir.

Namun, tak jarang mereka justru lupa untuk memeriksa perlengkapan wajib dibawa atau barang lainnya yang ternyata sangat penting.

Setidaknya, seperti disampaikan pasal 57 ayat 1, di mana setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.

Ya, perlengkapan wajib dibawa saat berkendara antara lain, sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm (pengendara motor), rompi pemantul cahaya (pengendara mobil), dan perlengkapan Peralatan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Semua perlengkapan wajib dibawa karena ada dalam Pasal 57 ayat 3 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sebaliknya, jika memang tak menjalankan pasal tersebut, bukan tak mungkin jika terjadi masalah, maka hal tersebut akan sangat beresiko.

Selain itu, apabila melanggar pasal tersebut, bukan tak mungkin pelaku dapat dikenakan pasal 278 UU yang sama, yang berbunyi:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 57 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling paling banyak Rp 250 ribu”.

Nah, OLXer ada baiknya ya bawa semua perlengkapan wajib dibawa yang sudah disebut di atas dan tak lupa memanfaatkan dari fungsi-fungsinya agar selamat sampai tujuan.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×