cara beli mobil bekas

Bagi banyak orang, memiliki mobil merupakan sebuah keharusan. Berkendara dengan mobil memiliki banyak manfaat, mulai dari muatan penumpang yang banyak, hingga menghindarkan penggunanya dari panasnya matahari dan hujan selama perjalanan.

Beragam alasan dan manfaat itu mendorong orang untuk melakukan jual mobil. Salah satu tren jual beli mobil yang sedang populer adalah membeli mobil bekas dari luar negeri.

Kondisi mobil bekas dari luar negeri masih sangat bagus dan terawat. Impor barang ini pun telah mendapat lampu hijau dari pemerintah melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2016 mengenai Kriteria Teknis Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru, termasuk mobil.

Buat OLXer yang tertarik, berikut cara beli mobil bekas dari luar negeri yang sebaiknya dijadikan panduan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Percayakan pada Dealer yang Kredibel

Melakukan impor mobil terbilang rumit karena ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Semua hal tersebut akan dibantu oleh dealer, sehingga penting untuk memilih dealer yang kredibel dan terpercaya.

Jika ingin menemukan dealer terpecaya, sering-seringlah berkonsultasimengonsultasikannya dengan orang yang berpengalaman dalam hal ini atau lakukan pencarian melalui internet. Hal ini tidak boleh dipandang enteng, sebab risiko pembelian barang dari luar negeri tergolong berat.

 

Beli Mobil yang Tidak Ada di Indonesia

Keinginan untuk membeli mobil dari luar negeri disebabkan oleh tidak adanya produk yang diinginkan di dalam negeri. Namun, jika mobil yang diinginkan tersedia di dalam negeri, maka ada baiknya untuk tidak melakukan pembelian dari luar negeri. Hal ini untuk menghindari proses pengurusan yang ribet serta adanya kemungkinan penipuan.kemungkinan penipuan yang bisa terjadi.

Perhatikan Prosedur Bea dan Cukai

Salah satu proses penting dari cara impor mobil dari luar negeri yang paling sulit adalah pengurusan di bea cukai. Semua barang-barang yang didatangkan dari luar negeri harus melewati proses ini.

Tidak jarang barang yang dibeli dari luar negeri memiliki harga bea dan cukai yang lebih mahal dari harga barang itu sendiri. Maka dari itu, OLXer harus memerhatikan secara detail prosedur bea dan cukai agar terhindar dari penipuan serta biaya yang mahal.

Gunakan Asuransi

Ketika seseorang melakukan impor barang, ada banyak risiko yang mengancam, mulai dari kerusakan hingga kehilangan barang. Oleh karena itu, OLXer wajib menggunakan asuransi untuk menjamin mobil yang dibeli dapat tiba dengan selamat di alamat pengiriman tanpa adanya cacat.

Lakukan Perhitungan dengan Tepat

Karena mobil yang dibeli berasal dari luar, hal ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jangan pernah mengabaikan perhitungan budget. Selain biaya pengiriman, biaya bea dan cukai juga harus dihitung, serta biaya pengurusan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan mobil tersebut. Siapkan pula dana cadangan agar tidak kaget jika diperlukan biaya tambahan.tiba-tiba dimintai.

Nah, itu tadi beberapa informasi dari OLX tentang hal yang perlu diperhatikan mengenai cara beli mobil dari luar negeri. Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan adalah riset. Lakukan berbagai observasi terkait mobil yang diinginkan berikut dengan cara pengirimannya sebelum membeli ya, OLXer!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×