Tips and Tricks

Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

0 Komentar

penyebab rem blong

Rem adalah salah satu komponen penting di mobil karena berfungsi mengontrol laju mobil agar stabil dan meminimalisir risiko kecelakaan. Maka dari itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk selalu memerhatikan kondisi rem dan komponennya. Ada banyak hal yang membuat rem mobil mengalami masalah, salah satunya adalah rem mobil masuk angin. Apa sih rem mobil masuk angin itu? Berikut ciri-ciri rem mobil masuk angin dan penyebab rem “blong”, serta cara mengatasinya.

Rem Mobil Masuk Angin

Rem rusak karena mengalami masuk angin bisa diketahui ketika pedal rem ditekan akan terasa ringan atau ngempos. Kondisi ini terjadi dikarenakan tekanan pedal mobil tidak tertuju ke kaliper dan malah terserap oleh partikel udara yang berada di dalam sistem. Kondisi ini membuat rem mengalami masuk angin.

Rem mobil masuk angin biasanya terjadi karena mobil sudah jarang digunakan. Banyak orang, dan atau mungkin OLXer juga akan mengatasinya dengan mengocok rem terus-terusan hingga akhirnya gejala rem masuk angin menghilang. Sebenarnya, cara tersebut tidak menandakan rem akan membaik seperti semula. Hal ini dikarenakan gelembung udara yang ada di dalamnya sedang dalam volume terkecil sehingga tidak bisa dikompresi kembali. Ketika rem didiamkan beberapa jam saja, rem mobil masuk angin bisa muncul kembali. Kira-kira apa saja penyebab rem mobil blong atau masuk angin? Simak hal berikut!

Penggantian Minyak Rem yang Tidak Tepat

Penyebab rem blong sering dikarenakan penggantian minyak rem yang tidak tepat. Penggantian minyak rem harus dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli. Saat melakukan penggantian minyak rem diperlukan teknik khusus agar tidak terdapat gelembung udara di dalamnya.

Oli Rem Mobil Habis

Penyebab rem mobil blong selanjutnya adalah oli rem yang kurang atau habis. Bila oli rem mobil kurang atau bahkan habis, kinerja rem menjadi tidak maksimal karena proses penerusan tenaga dibantu oleh minyak rem. Untuk mencegah minyak rem habis, OLXer perlu memerhatikan kondisi volume oli rem. Bila berkurang hanya sedikit, tentu tidak menjadi masalah besar asalkan masih dapat meneruskan tekanan hingga ke piston atau caliper agar bisa menekan kampas.

Akibat Penggantian Komponen Hidrolik Rem

Penyebab rem blong juga bisa disebabkan karena adanya penggantian komponen hidrolik rem yang kurang tepat nih OLXer! Pemasangan komponen hidrlolik rem tidaklah mudah dan memerlukan alat khusus untuk melakukannya.

Cara Mengatasi Rem Mobil yang Blong

Ketika OLXer mengalami kondisi rem mobil yang blong, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Memompa rem terus menerus agar bisa mengembalikan tekanan rem. Lakukan cara ini meskipun mobil OLXer sudah dilengkapi dengan teknologi ABS.
  2. Bila pedal gas terasa keras ketika diinjak, dipastikan ada masalah pedal gas atau ada sesuatu yang mengganjal rem mobil. OLXer harus mencari tahu apa yang terjadi pada pedal pegas menggunakan kaki atau minta bantuan orang lain untuk memeriksa.
  3. Bila dua cara di atas tidak berhasil, OLXer bisa memanfaatkan engine break yang digunakan untuk menurunkan gigi transmisi menuju tingkatan yang lebih rendah. Pada mobil manual, caranya dengan menurunkan gigi bertahap namun dengan cepat. Bila OLXer menggunakan mobil matik, maka OLXer bisa menurunkan langsung ke gigi yang paling rendah. Cara ini bisa membantu melambatkan laju mobil.
  4. Cara terakhir jika OLXer masih belum berhasil juga adalah dengan menggunakan rem tangan. Perlu diingat untuk menggunakan dengan hati-hati, yakni secara perlahan ketika menariknya. Hindari penggunaan rem tangan secara mendadak agar tidak mengganggu kontrol kemudi mobil.

Itu tadi informasi terkait ciri, penyebab rem blong, dan cara mengatasinya. Semoga bisa menambah pengetahuan OLXer terkait mobil, khususnya rem mobil ya!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×