News from OLX

Pameran Otomotif Jadi Cara Mendongkrak Jualan Mobil

0 Komentar

Gelaran Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sudah ditetapkan pada 18-28 Juli 2019. Jadwal pameran otomotif terbesar di Indonesia ini ternyata lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya yang digelar Agustus.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Banten jadwalnya lebih maju untuk mendongkrak penjualan.

“Kita sudah memprediksi bahwa penjualan di awal tahun akan turun karena ada pemilu. Dan ternyata analisis kita betul penurunan terjadi sekitar 13 persen dari tahun sebelumnya dikuartal pertama,” ungkap Yohannes saat ditemui dikawasan Senayan, Jakarta, Rabu (14/5/2019) malam.

Yohannes menyatakan, penjualan otomotif di Indonesia selama setahun biasanya terjadi di semester pertama dengan menyumbangkan 40-43 persen.

Setelah itu, lanjut dia, penjualan otomotif akan kembali mengalami peningkatan di awal semester dua, tepatnya bulan Juli sebesar 53 – 60 persen.

Karena itu, dengan dipercepatnya pameran GIIAS jadi 18-28 Juli 2019 diharapkan mampu memenuhi target penjualan otomotif nasional yang diprediksi tembus 1,1 juta unit.

GIIAS 2019 tanpa merek lokal

Pengunjung GIIAS 2019 akan berbeda dengan IIMS 2019. Jika di IIMS 2019 ada sejumlah mobil murni hasil karya anak Indonesia, maka di GIIAS 2019 akau sulit menemukannya.

Pasalnya, dari 25 merek mobil penumpang dan komersil, serta 11 merek sepeda motor, tak ada kendaraan buatan anak bangsa baik itu Komodo hingga sepeda motor listrik Gesits.

Meski begitu, Yohannes punya alasan tersendiri. “Kalao Gesits, sepeda motor, kan target kami memang bukan kearah sana (sepeda motor),” ucapnya.

Jika menyoal AMMDES atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan, kata Yohannes, itu bukan jenis mobil, melainkan angkutan multiguna.

“Karena kalau saya masukin mobil, entar persyaratannya engga cocok,” tuturnya. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×