Tips and Tricks

Nutrisi Ibu Hamil Ini Penting untuk Janin

0 Komentar

Masa-masa kehamilan adalah masa-masa yang paling menyenangkan bagi setiap wanita. Bagaimana tidak? Pada masa kehamilan, kamu akan merasakan tumbuh kembang buah hatimu di dalam perut. Setiap bulannya, kehamilanmu akan semakin membesar, dan gerakan-gerakan si jabang bayi juga semakin aktif.

Sebagai Ibu, kamu tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik bagi buah hatimu bukan? Jangan menunggu sampai si kecil lahir. Selama di dalam perut, kamu juga bisa memberikan nutrisi yang terbaik melalui makanan-makan di bawah ini.

Sayur-sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam dan kangkung merupakan sumber zat besi, serat, folat dan juga vitamin C. Kehamilan akan membuat Ibu hamil kekurangan zat besi, karena itulah asupan sayuran hijau tersebut bisa membantumu mengatasi kekurangan zat besi.

Selain itu, kehamilan juga membuat sebagian besar wanita mengalami sembelit (susah BAB), di sinilah serat berperan penting untuk mengatasi hal tersebut. Vitamin C diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi, sedangkan  folat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

Beras Merah

IbuHamil3

Beras merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Selain itu, beras merah juga rendah indeks glikemik dan bisa membantumu merasa kenyang lebih lama. Vitamin B diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah, karena selama hamil volume darah meningkat 40 persen.

Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. Antioksidan yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, sangat bermanfaat membantu melindungi bayi dari risiko diabetes tipe 2 atau obesitas.

Minyak Ikan

Kamu harus memastikan bahwa setiap hari kamu mendapatkan asupan ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga sebanyak 2 porsi. Asam lemak ini diperlukan untuk perkembangan mata dan juga sistem saraf buah hatimu. Selain salmon, kandungan asam lemak omega tiga juga terdapat pada ikan kembung. Meski penting, mengonsumsi ikan secara berlebihan dapat berbahaya bagi janin. Jadi, sealu perhatikan porsi ikan yang dimakan setiap harinya.

Pisang

Buah pisang mengandung potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan. Penahan cairan ini adalah penyebab kram dan kaki bengkak pada ibu hamil. Pisang juga mengandung serat dan gula, sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Daging Merah

Daging merah tanpa lemak adalah sumber zat besi yang diperlukan saat kehamilan untuk menghindari Ibu hamil dari anemia. Daging juga merupakan sumber protein yang penting bagi tubuh Kamu dan juga bayi kamu.

Meski disarankan mengonsumsi daging merah, Kamu harus menghindari mengonsumsi hati saat hamil. Hal ini karena dalam hati mengandung retinol yang tinggi. Retinol adalah bentuk vitamin A yang berbahaya untuk janinmu.

Kiwi

IbuHamil2

Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan folat. Keduanya diperlukan untuk perkembangan bayi.

Ubi

Ubi kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Kamu juga pasti tahu bahwa ubi juga merupakan sumber karbohidrat yang sehat, sehingga dengan mengonsumsi ibi, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam ubi berguna untuk mencegah sembelit.

Tidak sulit bukan menemukan makanan-makanan di atas? Jika kamu menerapkan hidup sehat dan juga menjaga asupan makanan, bayi di dalam perutmu juga akan senantiasa selalu sehat.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×