Mobil Bekas

Nostalgia Bareng Oplet ‘Si Doel’ di Kemayoran

0 Komentar

Semakin tua semakin antik. Itulah sepenggal kata yang bisa diselaraskan dengan Oplet sudah berumur lebih dari setengah abad yaitu
Morris Minor 100.

Nah bertepatan dengan gelaran Busworld South East Asia di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, 20-22 Maret 2019, Oplet atau Morris Minor 100 hadir jadi tuan rumah di tengah sekumpulan hadirnya kendaraan penumpang.

Jika berbicara tentang Oplet nih OLXer, mobil ini sempat berjaya lantaran jadi andalan transportasi umum di kota-kota besar, khususnya di Ibukota. Memulai kiprahnya, pada era 50-an Oplet digunakan sebagai trayek resmi untuk mengangkut mobilitas masyarakat DKI Jakarta.

Tapi belum genap tiga dekade, Oplet terpaksa harus berhenti beroperasi, lantaran pemerintah saat itu, mewajibkan peremajaan terhadap mobil dengan desain unik tersebut. Setelah itu di awal era 80-an, muncul transportasi umum yang disebut Mikrolet atau Koperasi Wahana Kalpika (KWK). Kendaraan tersebut hingga saat ini masih kita lihat dan gunakan.

Ketika mulai menghilang dari peradabaan, Oplet kembali terlihat di era 90-an. Hanya saja wujudnya tak lagi ada di jalanan, melainkan hanya dapat dilihat dari layar kaca di film ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

Jika OLXer ingin bernostaliga dengan Oplet tak ada salahnya datang ke pameran tersebut. Sebab, selain Oplet ada juga kendaraan komersil berpenumpang dan kendaraan klasik lainnya yang turut dipamerkan.

Di atas kertas, Oplet milik Salim ini diketahui merupakan seri Morris Minor 100 tipe Traveller yang dilansir tahun 1957.

Untuk jantung pacunya, Morris Minor 100 dipersenjatai mesin empat silinder segaris berkubikasi 1.098 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 48 Tk pada 5.100 rpm dan torsi maksimal sebesar 81 Nm pada 2.500 rpm.

Uniknya, mobil ini memiliki atap yang terbuat dari kayu khususnya dari pilar B hingga pilar C. Sehingga untuk merawat, harus memiliki keahlian khsusus. (End/Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×