Nampaknya tahun 2019 ini menjadi tahun penuh tantangan bagi para pemain di industri otomotif Tanah Air. Pasalnya PEMILU bakal berlangsung di bulan April nanti. Inilah alasan terbesar mengapa dikatakan tahun penuh tantangan.

Suhu politik bakal memanas, orang-orang masih meraba bagaimana kondisi perekonomian sebelum dan setelah PEMILU nanti. Siapa presidennya dan kebijakannya seperti apa, semua masih dalam tanda tanya besar. Dengan kondisi seperti ini, orang akan banyak memilih untuk menahan, tidak membeli mobil baru sambil menunggu kepastian.

Tapi ini ternyata bukan alasan bagi produsen kendaraan di Indonesia untuk menjadi kendor. Buktinya, Toyota udah ngegass duluan dengan meluncurkan all new Camry Selasa lalu (8/1/2019). Disusul pekan depan bakal nongolin MPV kembarnya, Avanza-Xenia yang memang lagi ditunggu-tunggu orang.

Banner digital Nissan Livina yang beredar di sosial media (Sumber Medcom)

Tapi ternyata bukan Toyota loh satu-satunya yang ngegas di awal tahun ini. Nissan pun diam-diam lagi nyiapin model MPV terbaru, all new Grand Livina.

Sama dengan cerita Avanza yang infonya bocor duluan di sosial media, pun begitu dengan Nissan Grand Livina. Karena ternyata informasi kehadirannya diketahui dari facebook milik anggota komunitasnya sendiri lewat sebuah gambar yang cukup jelas menyebut itu Livina baru dan sudah siap dipesan di diler Nissan-Datsun Sunter, wow….

Meski sudah terbongkar, namun sepertinya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih ogah memastikannya.

“Kami tidak bisa berkomentar soal rumor. Kami punya rencana jangka menengah yang kuat di mana salah satunya adalah peluncuran produk-produk baru, salah satunya adalah MPV baru,” ujar Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani seperti dilansir dari Bisnis, Rabu (8/1/2018).

Yang sebenarnya menarik dari rencana kehadiran Nissan Livina itu adalah karena model terbaru ini diyakini sudah pakai platform Mitsubishi Xpander. Bakal nambah satu lagi nih ‘Samurai’ tajam buat ngebabat Avanza Xenia. 

Nah, kalau memang benar artinya Avanza Xenia kembali harus berwaspada. Statusnya sebagai MPV ‘Sejuta Umat’ bisa jadi kembali digoyang. Apalagi sebelumnya Xpander sudah cukup banyak mencuri pasar dari Avanza. Kalau tambah satu lagi yang mirip Xpander?

Ahhhh, semakin menarik perang di kelas MPV tahun ini. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×