Tips and Tricks

Usir Bosan di Dalam Mobil dengan Modifikasi Interiornya

0 Komentar

Proses modifikasi tak hanya terbatas pada tampilan luar atau eksterior mobil. Layaknya rumah, kamu juga bisa menata ulang interior mobil, misalnya jok, dashboard, karpet, atau mengganti fitur hiburan seperti head unit.

Selain mengganti material yang rusak, alasan sebagian pemilik mobil mengganti interior karena ingin mengganti suasana baru atau mengikuti selera. Perubahan interior memang pas untuk dilakukan lantaran desain bawaan pabrik cenderung monoton dan membosankan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan merombak bagian dalam mobil, misalnya budget, jenis material, hingga pemilihan tukang atau penyedia jasa. Berikut ini lima tips mengganti interior mobil agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Sesuaikan Budget
Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum modifikasi mobil adalah menetapkan dana atau budget yang akan dikeluarkan. Setelah itu, buatlah daftar komponen-komponen interior yang ingin kamu ganti beserta harganya. Daftar tersebut akan menjadi panduan sehingga kamu tidak perlu nombok atau cari utang untuk membayar ongkos modifikasi.

Pilih Material
Jok mobil merupakan bagian yang paling sering diganti. Pilih jenis material kulit sintetis yang berkualitas dan mudah dibersihkan. Untuk bagian lain, seperti floor mat, setir, door trim, dan plafond, kamu bisa gunakan bahan MBtech. Jangan lupa konsultasikan dengan tukang jok atau modifikator sebelum memutuskan bahan apa yang akan kamu pilih.

Tema Senada
Setelah memilih material, tentukan tema untuk interior mobil yang kamu idamkan. Jika kamu tipe orang yang ‘gak neko-neko’ warna monokrom seperti hitam dan abu-abu bisa menjadi pilihan. Namun, jika kamu ingin bereksperimen, kombinasikan warna monokrom tadi dengan warna lain sehingga menjadi konsep dual-tone interior. Warna ‘menyala’ yang bisa dipilih, antara lain merah, coklat muda, ungu, biru, hingga oranye.

LCDMobil

Head Unit
Penggantian head unit bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin upgrade opsi hiburan di mobil. Kamu bisa mengganti head unit bawaan pabrik dengan tipe LCD. Selain terlihat lebih modern, head unit berjenis LCD sudah dilengkapi dengan fitur-fitur kekinian, misalnya tv mobil, koneksi iPhone atau Android, blue tooth, bahkan GPS untuk mempermudah mencari lokasi.

Modifikator Berpengalaman
Terakhir, pakailah jasa modifikator berpengalaman. Apalagi jika kamu pemula dan belum mengetahui seluk-beluk tentang interior mobil. Jika memungkinkan, minta rekomendasi teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa modifikator tertentu. Selain sudah teruji, mungkin kamu bisa mendapat potongan harga alias diskon. Selamat mencoba!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×