News from OLX

Mobil Kotor Bisa Bikin Lebih Irit Bahan Bakar?

0 Komentar

Mobil kotor tentu saja jadi tidak sedap dipandang. Sebaliknya, dengan mencuci mobil maka hal itu akan memberikan kesan lebih baik dan bersih.

Namun OLXer tau ngga, pada 2002 silam, seorang insinyur bernama Tom Wagner mengungkapkan, bahwa mobil kotor bisa menjadi salah tips menghemat uang, karene lebih irit dalam urusan bahan bakar minyak (BBM).

Teori mobil kotor lebih efisien BBM lantaran lapisan kotoran yang menempel pada mobil sama seperti efek bola golf yang memiliki lesung pipi, sehingga memberikan ekstra aerodinamis, dan mengurangi koefisien drag pada mobil.

Dengan begitu, konsumsi bahan bakar dipercaya jadi lebih efisien. Selain itu, lesung pipi pada bola golf juga dipercaya dapat mengurangi hambatan angin.

Soal efek bola golf ini memang betul adanya. Akan tetapi, teori tersebut banyak dibantah dan dianggap sangat berbeda jika diterapkan pada mobil.

Hal ini pula teori mobil kotor jadi bikin mobil irit bahan bakar dianggap cuma mitos. Pada dasanya,  partikel kotoran itu akan menempel secara acak, alias tidak tertata atau terstruktur rapih seperti titik pada bola golf.

Bahkan menurut MytheBusters seperti dilansir Discovery, mobil kotor justru menciptakan lebih banyak hambatan karena udara menempel pada kotoran.

Menurut perhitungan MytheBusters, efek kotoran justru akan lebih boros bahan bakar sebanyak 10 persen.

Andai saja secara luar biasa partikel kotoran itu bisa tertata rapih atau OLXer bisa menatanya menjadi rapih seperti teori bola golf, itu bisa membuat pemakaian BBM mobil bisa lebih irit. (Her)
.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×