Kehadiran Nissan Livina baru yang disebut-sebut sebagai kembaran Mitsubishi Xpander bagi sebagian orang menjadi cukup menarik.

Konsumen jadi punya banyak pilihan di segmen mobil keluarga yang nyatanya memang sampai saat ini punya market paling besar di Indonesia.

Namun bagaimana tanggapan Mitsubishi Motors sendiri terkait hal ini. Mengingat saat ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sedang menikmati ‘bulan madunya’ bersama Xpander.

Penjualan Mitsubishi
Mitsubishi Xpander memberikan kontribusi signifikan terhadap performa penjualan Mitsubishi Motors di 2018 (MMKSI)

Alih-alih merasa khawatir, melalui Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro menyebutkan malah senang dan membawa keberuntungan bagi bisnis Mitsubishi Motors di Tanah Air.

Seperti diketahui, Mitsubishi, Nissan, dan Renault punya hubungan kuat sebagai bagian dari aliansi besar di pasar otomotif global.

Ini disebut Irwan Kuncoro menjadi peluang untuk menciptakan produk kembar Mitsubishi Nissan lainnya.

Apalagi dengan strategi berbagi platform seperti yang diterapkan pada Xpander dan Livina.

Nissan Livina 2019
Nissan resmi meluncurkan MPV barunya, Nissan Livina 2019 untuk ditawarkan kepada konsumen Indonesia (Her)

“Kerjasama antara Mitsubishi dan Nissan kan baru mulai lewat model Livina dan Xpander. Jadi ke depannya masih banyak kemungkinan membuat produk bersama seperti yang sekarang berlangsung,” ucapnya di Annual Media Gathering Mitsubishi Motors di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Tentu ini memicu pertanyaan apakah kedepannya kedua pabrikan ini bakal bersinergi untuk menghadirkan model LCGC?

“Sebetulnya bila bicara masa depan dengan aliansi ini, akan sangat banyak kemungkinannya. Artinya bukan cuma Xpander dan Livina saja. Tapi jelas tidak bisa dibicarakan saat ini,” pungkasnya.

Yang pasti, saat ini Nissan sudah punya brand yang bermain di segmen LCGC atau mobil murah lewat Datsun GO dan GO+.

Sementara Renault sendiri sebelumnya sudah menggaungkan rencana untuk menghadirkan produk di segmen MPV yang katanya berbanderol harga sama dengan low MPV lainnya.

Artinya, tahun ini bakal semakin sengit persaingan di segmen mobil keluarga dan segmen mobil LCGC.

Xpander dengan pencapaiannya saat ini bisa saja mendapat tekanan, bukan hanya dari produk kompetitor merek lain, tetapi juga dari produk aliansinya. (Z)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×