Tips and Tricks

Merawat Hewan Peliharaan Bisa Dimulai dengan 4 Tips Ini

0 Komentar

Ayo ngaku, saking seringnya lihat video anjing dan kucing lucu di Instagram, kamu jadi pengin peliharan, deh. Tapi, apa kamu tahu apa aja yang harus diperhatikan saat merawat hewan? Sebenarnya, memelihara hewan bisa dibilang gampang-gampang susah karena pada awalnya nggak semua orang bisa disiplin. Sebelum kamu mau mengadopsi hewan untuk jadi peliharaan, nggak ada salahnya cek 4 tips ini.

Hewan-header

Buat kandang dan tempatkan di lokasi yang nyaman
Kalau bikin rumah-rumahan untuk peliharaan kamu, rasanya masih terlalu berlebihan, ya. Untuk permulaan, kamu bisa buat keranjang dengan bahan alami dan nggak berbahaya seperti kayu. Untuk kelinci atau hamster, kamu harus menyiapkan lubang untuk buang kotoran. Penempatannya pun harus diperhatikan, lho. Beberapa hewan sensitif dengan suara bising atau nggak suka paparan matahari langsung.

Kasih makan yang cukup
Mungkin kucing kamu terlihat gendut, jadi kamu berasumsi kalau dia doyan makan. Padahal sebenarnya dia cuma berbulu lebat aja. Atau bisa juga sebaliknya. Satu hal yang perlu kamu tahu, porsi makan setiap hewan cuma butuh secukupnya aja, kok. Terlalu banyak makan bisa bikin mereka muntah. Apalagi kalau nggak teratur, hewan kesayangan kamu ini bisa jadi malas makan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang diberikan supaya hewan nggak gampang sakit.

Atasi bulu hewan
Salah satu ciri khas orang yang pelihara hewan adalah bulu-bulu yang menempel di baju mereka. Yang kayak gini nih, bisa bikin kamu sendiri sakit dan baju jadi terlihat nggak bersih. Apalagi kalau sudah menempel di perabotan juga. Hal seperti ini bisa kamu siasati dengan beli roller bulu. Gunakan di permukaan baju sebelum kamu pergi, ya. Alternatif lain, kamu bisa pakai kain yang agak kasar lalu dibasahi untuk mengelap seluruh isi rumah supaya bulu terangkat.

Beri perhatian layaknya teman
Sebelum pelihara hewan, pastikan kamu punya banyak waktu untuk kasih perhatian pada mereka. Seperti yang kamu tahu, anjing suka diajak jalan-jalan dan kucing senang kalau dimanja. Semakin mereka akrab dengan kamu, mereka akan semakin nurut, lho. Kalau kamu nggak perhatian dengan hewan peliharaan, mereka bisa merasa stres dan bahkan berujung di kematian. Kasihan, kan?

Itu dia 4 tips merawat hewan peliharaan supaya hewan kamu bahagia. Seiring waktu, kamu akan menemukan cara lainnya setelah memperhatikan kebiasaan mereka. Apa pun itu, tetap disiplin, ya!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×