Featured

Mengenal Ragam Pola Batik di Negeri Tercinta

0 Komentar

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa ternyata batik di Indonesia itu tidak hanya ada satu macam pola batik saja, tapi hampir tiap daerah memiliki corak batik yang berbeda-beda.

Kali ini kita akan mencoba mengenal ragam pola atau motif batik yang ada di Indonesia ini. Agar kita lebih tahu dan mencintai hasil karya dan produksi dalam negeri!

Pengertian dari motif batik Motif batik adalah kerangka gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Sumber lain menjelaskan bahwa motif batik adalah kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik disebut juga corak batik atau pola batik. Motif batik tersebut dibuat pada bidang-bidang segi tiga, segi empat, dan/atau lingkaran. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun menurun. Karena itu, sering motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga tertentu.

Ada ratusan jenis batik di Indonesia yang dibagi berdasarkan daerahnya, tapi kali ini kita akan membahas secara garis besar pola batik yang dibagi menjadi tujuh kategori.

Berikut ulasannya:

Batik Parang

Motif Batik Parang (Image : Wikipedia)

Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia. Parang berasal dari kata Pereng yang berarti lereng. Motif ini menggambarkan sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Susunan motif S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat yang tidak pernah padam. Batik ini merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo).

Makna dari batik ini sendiri memiliki filosofi untuk tidak menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk perbaikan diri. Nah jika kamu memiliki jiwa yang seperti ini, cocok banget nih pakai batik dengan pola seperti ini.

Batik Geometri

Jati Ngaleh Geometri (Image: indonesiabatikcorner.wordpress.com)

Batik pola Geometri ini terbagi menjadi dua jenis, Batik Geometris yang merupakan motif batik dengan ornamen susunan geometris, ciri khas pola ini berbentuk seperti ilmu ukur biasa, seperti segiempat yang panjang atau lingkaran. Sementara Motif Non Geometris merupakan jenis motif batik di mana bentuk motifnya tidak beraturan jika dilihat menurut geometris atau di buat secara acak. Pada Motif yang ada pada motif non geometris terdiri dari beberapa bentuk ornamen-ornamen tumbuhan, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Meru, Burung, Garuda, Ular dimana dalam susunan tidak teratur.

Batik Banji

http://budaya-indonesia.org/Banji-Kunci-Polos/

Motif banji termasuk motif klasik yang jarang ditemukan pada kain batik sekarang. Nama motif banji ada berbagai macam di antaranya adalah Bani Guling, Banji Bengkok, Banji Kacip dan Banji Kerton. Beberapa daerah yang pernah mempopulerkan kain motif ini adalah daerah Banyumas. Di daerah tersebut motif banji dibuat lebih besar dengan warna coklat dan hitam sedangkan proses pembatikannya disebut Bedesan. Proses pembatikan Bedesan dilakukan dengan tidak melakukan penghilangan lilin batik pada tengah-tengah proses pembatikan. Urutan pembatikan dibalik yakni dimulai dengan di cap tembok, dicelup soga, dicap klowong, dicelup wedel kemudian dilorod. Ciri batik Bedesan adalah warnanya yang cenderung coklat atau hitam. (cantingbatik.wordpress.com)

Batik Tumbuh-tumbuhan Melanjar

Motif batik, motif tumbuh-tumbuhan menjalar berpadu dengan motif bunga (image: Wiki)

Motif batik ini biasa ditemui di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di kepulauan Jawa, batik dengan motif tumbuhan menjalar ini bermakna hubungan antara manusia dan alam yang teratur dan harmonis. Contoh dari motif ini yaitu Luwung Klewer , Cokrak-cakrik, dan Semen Yogya. Motif ini juga biasanya diartikan sebagai suatu keindahan dan juga kecantikan.

Batik Tumbuh-tumbuhan Air

Batik Riau Nyiur Melambai (Image: http://fitinline.com/)

Berbeda dengan motif batik menjalar, batik dengan motif ini menggambarkan peran tumbuhan air dalam kehidupan manusia, contohnya: Ganggong, Ganggong Sari.

Nah, demikian penjelasan motif-motif batik yang ada di tanah air kita tercinta ini…
Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dalam memilih batik kesukaan kamu yah!
Sampai jumpa di artikel berikutnya…

Salam,
OLX Indonesia

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×