Tips and Tricks

Mengenal Jenis Sepatu Olahraga Lebih Mendalam

0 Komentar

Sepatu olahraga banyak sekali jenis dan juga fungsinya, karena itulah harga sepatu olahraga juga beraneka ragam. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah sepatu olahraga, pastikan dulu jenis olahraga yang akan kamu jalani. Jangan sampai kamu merogoh kocek dalam-dalam tapi berakhir dengan sepatu yang kamu beli tidak dapat digunakan. Apalagi jika kamu memaksakan pakai suatu sepatu olahraga yang tidak sesuai dengan jenis olahraganya. Hal ini bisa menyebabkan kamu mengalami cedera kaki saat berolahraga. Sepatu olahraga yang sesuai dengan fungsinya selain membuat kaki menjadi lebih nyaman, kamu juga bisa lebih bergaya.

Sepatu olahraga sering juga disebut dengan “sneakers”. Walaupun fungsi utamanya untuk olahraga, tapi beberapa jenis sepatu olahraga juga bisa kamu kenakan untuk membuat tampilanmu lebih sporty dan casual.
Berikut ini ada beberapa jenis sepatu olahraga berdasarkan kegunaannya.

 

Sepatu-Fitnes ok
Sepatu Fitnes

Sepatu fitnes memiliki sol sepatu yang lebih lunak. Hal ini agar sepatu tidak terlalu terasa keras di kaki saat mengangkat beban. Model sol sepatu fitnes lebih terlihat rata saat ditapakkan di lantai. Kelenturan sol pada jenis sepatu olahraga ini sangat cocok bagi kamu yang sering melakukan banyak pergerakan, terutama pada kaki. Sepatu fitnes cocok untuk digunakan santai berjalan-jalan. Kamu tidak akan merasakan capek atau pegal-pegal di kaki, karena sepatu ini cukup ringan.

 

 

Sepatu-hiking ok

Sepatu Hiking
Bagi kamu yang menyukai traveling, sepatu hiking atau walking ini sangat cocok digunakan. Dengan design sol yang pada umumnya bergerigi akan membuat kamu merasa nyaman saat memakainya. Kebanyakan jenis sepatu hiking memiliki sol yang cukup empuk, jadi tidak akan membuat kaki cepat lelah. Dengan perkembangan model sepatu hiking, sepatu ini juga terlihat fashionable saat dipakai hang out.

 

 

Sepatu-climbing OK

Sepatu Climbing
Sepatu ini memiliki disain dan juga bahan yang khusus. Pada bagian depan sepatu biasanya terbuat dari bahan kulit asli untuk membuatnya lebih tahan lama. Sedangkan untuk solnya terbuat dari karet dengan kualitas yang sangat bagus. Sol karet akan meminimalkan tingkat resiko terpeleset saat memanjat. Ukuran sepatu olahraga untuk climbing biasanya sangat pas di kaki. Karena jika terlalu longgar akan sangat berbahaya digunakan untuk memanjat tebing.

 

Sepatu-golf ok

Sepatu Golf

Sepatu golf tidak mungkin bisa dipakai untuk hang out. Soalnya sepatu ini memiliki paku yang terbuat dari metal ataupun plastik. Fungsi dari paku yang tertancap pada sol ini berfungsi untuk mencengkeram tanah ketika pemain golf sedang mengayunkan stik golfnya.

 

 

Sepatu basket ok

Sepatu Basket

Bagian sol sepatu basket hampir mirip dengan sepatu untuk lari, tapi berbeda pada tingkat kelenturannya. Sol pada sepatu basket juga jauh lebih keras dan  lebar. Selain itu sepatu basket jauh lebih berat jika dibandingkan dengan sepatu untuk lari. Sol yang lebar pada sepatu basket dibuat untuk meminimalisir cedera pada otot kaki, karena pergerakan yang cukup ekstrim. Jenis sepatu olahraga untuk basket sangat memungkin kamu untuk bergaya seperti street fashion.

 

 

 

Sepatu-tenis ok

Sepatu Tenis

Sepatu ini memiliki perbedaan untuk olahraga tenis atau badminton di dalam ruangan. Untuk di dalam ruangan memiliki karet yang mempunyai daya cengkram lantai yang baik agar tidak licin. Beban sepatunya pun juga lebih ringan dibandingkan sepatu tenis untuk di luar ruangan. Untuk sepatu yang digunakan di luar ruangan atau lapangan, model solnya lebih lebar dan memiliki penopang setengah kaki. Dengan design sol yang seperti itu akan memudahkan pergerakan yang lebih aktif melebar ke arah samping. Sepatu ini cocok digunakan untuk fashion dengan tampilan lebih sporty.

 

 

Sepatu-lari ok

Sepatu Lari

Bagi kamu yang suka joging di alam terbuka atau medan yang tidak merata, akan ada sedikit kerumitan dalam memilih sepatu lari. Kamu harus menyesuaikan bentuk kaki kamu: apakah kamu memiliki kaki normal, datar, atau melengkung. Salah memilih sepatu lari bisa mengakibatkan cedera pada kaki. Jadi usahakan memilih sepatu yang benar-benar nyaman dan sesuai bentuk kaki kamu. Pilih jenis sepatu olahraga untuk lari dengan sol yang empuk, karena akan mampu menahan redaman saat berlari. Juga pilih ukuran yang tidak terlalu sempit, karena saat berlari kakimu butuh ruang untuk bergerak. Bagi kamu yang menyukai style yang sporty, sepatu running bisa dijadikan pilihan utama.

 

 

Sepatu-bola ok

Sepatu Sepakbola

Sepatu olahraga ini jelas tidak akan bisa digunakan selain di lapangan sepakbola. Karena desainnya yang sangat khusus dengan sol yang tertancap beberapa paku, memudahkan pemain bola untuk berlari dan melakukan banyak manuver pergerakan di lapangan. Dalam pemilihan ukuran sepatu sepakbola disarankan yang sangat pas pada kaki pengguna, kalau tidak pas bisa mengakibatkan cedera.

 

 

Sepatu-futsal ok

Sepatu Futsal
Sepatu ini dibuat dengan menggabungkan 2 desain, yaitu desain sepatu sepakbola dan sepatu olahraga dalam ruangan. Untuk model pada bagian atas sepatu mengambil model sepatu sepakbola. Sedangkan pada bagian sol mengambil model seperti sepati tenis atau badminton. Jenis sepatu olahraga untuk futsal ini disain solnya rata seperti pada sepatu tenis atau badminton. Sedangkan untuk bahannya menggunakan karet agar mampu mencengkeram saat digunakan untuk berlari di lapangan futsal.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×