Hujan yang mengguyur belakangan ini tentu saja mewajibkan para pengendara baik mobil maupun sepeda motor harus lebih konsentrasi dan waspada.

Jika turun hujan jalan akan menjadi licin, serta genangan air di aspal membuat karet ban kurang memberikan daya cengkram. Alhasil, hal itu justru menjadi penyabab kecelakaan.

Nah, jika berkendara saat hujan dan banyak genang air, tentu saja ada baiknya laju kendaran diperlambat. Sebab, melaju ketika hujan nyatanya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 116 ayat 2 (C).

Selain sesuai dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pengemudi harus memperlambat kendaraannya jika: C. cuaca hujan dan/atau genangan air”.

Tentu saja dengan memperlambat laju kendaraan, hal tersebut dapat mengurangi resiko kecelakaan ringan atau berat, apalagi bisa menghilangkan nyawa.

Sebab, jika kecelakaan mengalami tewasnya seseorang sanksinya bisa sangat besar berupa denda jutaan rupiah hingga dipidana. Terlebih jika sang pengemudi ugal-ugalan.

Karena itu OLXer, ada baiknya mengemudi saat hujan harus berhati-hati ya. (Her)

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×