Tips and Tricks

Empat Langkah Mengatasi Dompet Kurus Kering

0 Komentar

Hari Idul Fitri sudah lewat. Silaturahmi dan saling bermaafan dengan sanak saudara dan orang-orang tercinta sudah dilakukan. Rutinitas pun sudah kembali seperti semula, meski mungkin sebagian dari kamu masih belum kembali ke kota tempatmu bekerja sehari-hari.

Setelah Lebaran, kamu pernah merasa kalau keuanganmu jadi seret, nggak? Ya wajar, sih. Sebelum Lebaran kan biasanya konsumsi meningkat tuh. Kebutuhan untuk membeli bahan makanan, kue-kue untuk suguhan, pakaian baru untuk silaturahmi, hingga biaya tiket untuk mudik, telah menguras dompetmu dengan cukup sukses.

Di saat begini, berhemat memang jadi kewajiban. Kurangi pembelian-pembelian yang nggak perlu-perlu amat. Bepergian pun dijalani hanya kalau tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Ingat-ingat, sebagian dari kamu baru akan gajian lagi pada akhir bulan Juli. Lumayan lama, lho.

Sebenarnya, ada kiat lain yang bisa kamu lakukan untuk sedikit memberi napas kepada dompetmu. Ini mudah banget buat diikuti. Coba yuk diterapkan.

1. Lihat baik-baik isi rumahmu
Perhatikan setiap detail ruangan, semua perabotan yang ada di dalamnya dan setiap benda-benda fungsional atau pun dekoratif yang ada.

2. Cari tahu barang yang tak lagi terpakai
Di antara benda-benda yang ada di rumahmu, pasti ada barang yang tak lagi terpakai. Entah karena belinya impulsif, atau karena memang sudah selesai keperluannya. Atau mungkin barang-barang lama yang menganggur setelah kamu membeli yang lebih baru sebelum Lebaran kemarin.

Kolase foto mas arya-01

Nih, beberapa contoh barang yang mungkin tak lagi terpakai:
TV tabung yang sudah tergantikan TV layar datar
Sepatu lama yang tersisih oleh sepatu baru
Stroller bayi yang tak lagi terpakai karena si kecil sudah tumbuh besar
Handphone yang diam saja di laci karena kamu sudah beli yang lebih canggih
Tas yang dibeli pakai THR tapi sebenarnya nggak perlu-perlu amat

3. Jual barang-barang tersebut di OLX
Karena barang-barang tersebut sebenarnya masih bisa dipakai, kenapa nggak dijual saja? Di OLX, ada ribuan calon pembeli yang masih mau, lho. Lagi pula, pasang iklan melalui aplikasi OLX mudah banget, nggak sampai 1 menit juga sudah terpasang.

ButtonPasangIklan

4. Hasil penjualannya bisa disimpan (atau sebagian disumbangkan)
Kalau barangmu sudah terjual di OLX, hasilnya bisa kamu pakai untuk menebalkan lagi dompetmu yang kurus kering kerontang. Selain itu, OLX juga masih punya program Bekas Jadi Berkah yang mengajak para penggunanya untuk menyumbangkan sebagian atau seluruh hasil penjualan barang mereka yang diiklankan dengan hashtag #BekasJadiBerkah. Bantuan bisa disalurkan melalui rekanan resmi kami, Dompet Dhuafa.

Jadi, sudah nggak pusing kan menghadapi kurusnya dompet sehabis Lebaran?

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×