Tips and Tricks

Membandingkan Speaker Amazon Echo dengan Google Home, Pilih Mana?

0 Komentar

Selain drone, salah satu gadget yang mulai banyak diminati adalah pelantang pintar (smart speaker). Perbedaan utama smart speaker dengan pelantang biasa, adalah terletak pada fitur personal assistant yang ada di dalamnya. Jadi, nggak seperti speaker pada umumnya yang terbatas fungsinya pada pengeras suara, pelantang pintar bisa melakukan lebih dari itu.

Smart speaker terbaik yang tersedia saat ini di pasaran adalah Google Home dan Amazon Echo. Pilih mana ya di antara kedua ini?

Kualitas Suara
Berbicara soal speaker, pasti harus berbicara soal kualitas suaranya. Apalah gunanya smart speaker jika suara yang dihasilkan tidak memuaskan?

Sayangnya, Amazon Echo kurang memperhatikan bagian ini. Kualitas suara yang dihasilkan jauh dari kata bagus. Bahkan cenderung di bawah rata-rata. Berbeda dengan Google, yang nampaknya cukup serius dalam memproduksi sebuah Smart Speaker dengan kualitas suara yang di atas rata-rata.

Desain Produk
Jika dulu pelantang hanya dinilai dari kualitas suaranya saja, sekarang tidak lagi. Sebuah speaker nggak hanya harus punya kualitas suara yang mumpuni, tapi juga desain yang indah dipandang mata. Maklum, era Instagram.

Membandingkan Amazon Echo dengan Google Home dari aspek ini, rasanya agak jomplang. Desain Echo terlihat membosankan, dan kurang premium. Sedangkan Google sukses membuat Home menjadi sebuah speaker yang terlihat elegan, dan juga futuristik.

Personal Assistant
Kedua Smart Speaker ini dilengkapi dengan personal assistant yang diklaim paling canggih. Jika Amazon Echo punya Alexa, maka Google Home dilengkapi dengan Google Assistant.

Perbedaan di antara keduanya terletak di fungsi utama. Alexa akan lebih canggih dalam hal belanja. Hal ini nggak mengagetkan, mengingat Amazon adalah salah satu pusat belanja online terbesar di dunia (tapi tidak di Indonesia).

Sedangkan Google Assistant, lebih pintar dalam memberikan informasi. Ia mampu mengingat percakapan sebelumnya, sehingga kamu bisa ngobrol bareng dia. Untuk kamu yang tinggal di Indonesia, rasanya lebih cocok jika kamu menggunakan Google Assistant, daripada Alexa. Terlebih, Amazon belum tersedia di Indonesia.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×