Makin ke sini, makin banyak saja smart speaker bertebaran dan menggoda untuk dibeli. Ibaratnya, speaker dengan kualitas suara mumpuni sudah nggak menarik lagi untuk dimiliki. Dalam setiap speaker, harus ada virtual assistant tertanam di dalamnya. Amazon termasuk salah satu yang pertama di bidang ini dengan meluncurkan Amazon Echo yang dilengkapi dengan asisten mereka, Alexa.

Dan nggak butuh waktu lama tentunya untuk Google dan Apple untuk meluncurkan smart speaker versi mereka sendiri. Jika Amazon punya Echo, maka Apple punya Homepod dan Google punya Home Max. Biar kamu nggak bingung memilih di antara dua speaker ini, berikut pendapat kami:

Apple Home Pod
Apple Home Pod

Kualitas Speakers
Salah satu kekurangan Amazon Echo adalah kualitas suaranya yang buruk. Nampaknya Amazon memang hanya fokus kepada kemampuan Alexa dalam menerima perintah, sehingga sedikit melupakan kualitas suara. Berbeda dengan Apple Homepod dan Google Home Max, yang memang menjanjikan kualitas suara layaknya speaker high end lainnya.

Google Home Max dilengkapi dengan dua tweeters berukuran 0.7 inch, dan dua woofers. Sedangkan Homepod diklaim memiliki 7 tweeters dengan subwoofer berukuran 4 inch. Dilihat dari bentuknya, nampaknya Apple Homepod bisa memberikan kualitas suara lebih merata untuk di ruangan.

Google Home
Google Home

Support Aplikasi Musik
Zaman sekarang, kayaknya hampir semua orang mendengarkan lagu/musik langsung dari aplikasi musik streaming. Entah itu Apple Music, Spotify, atau layanan streaming dalam negeri lainnya. Untuk itu, kemampuan smart speakers untuk memutar musik dari layanan streaming adalah hal yang harus dipertimbangkan.

Sayangnya, Apple Homepod hanya mampu memutar musik dari Apple Music saja. Sedangkan Google Home Max mampu memutar musik dari Google Play Music, Spotify Premium, dan Youtube Premium.

Smart Assistant
Fitur satu ini kayaknya fitur yang perbandingannya bakalan paling subjektif. Apalagi untuk kita yang menggunakan Bahasa Indonesia sehari-hari. Kemampuan masing-masing assistant untuk menjalankan perintah sangat bergantung dengan kemampuan mengenali bahasa Inggris dari non-native speakers macam kita ini.

Tapi secara keseluruhan, perbandingan antara Google Assistant dan Siri sebenarnya cukup sederhana. Google Assistant lebih pintar untuk diberikan perintah yang sifatnya instruksi dan pertanyaan. Sedangkan Siri, lebih cocok untuk diajak ngobrol biasa. Nah kira-kira kamu butuh yang mana nih?

  • daniel rusdiana

    Saya pilih google home max..

  • putra

    saya pilih apple homepod

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×