Di bulan Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa lebih dari 10 jam setiap harinya. Tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika aktifitas di kantor dan sekolah menumpuk.

Kita harus senantiasa fokus dan konsentrasi di tengah-tengah rasa lapar dan haus yang mendera. Belum lagi, serangan rasa kantuk yang hebat di siang hari. Untuk mengurangi buyarnya konsentrasi dan stamina karena berpuasa, simak daftar makanan sahur yang buat kamu kenyang dan kuat tahan lama.

1. Putih Telur

Saat sahur, kamu bisa variasikan hidangan dengan putih telur. Bagian putih teur mengandung protein tinggi dibandingkan dengan bagian kuning telur. Selain protein, putih telur juga mengandung magnesium. Tahu apa artinya?  protein dan magnesium tinggi akan buat kamu lebih tahan lama kenyang dan bertenaga.

shutterstock_351652829

Protein dipecah dalam tubuh lebih lama dibandingkan karbohidrat yang terdapat pada nasi, roti putih, atau kentang. Jadi, putih telur bisa buat kamu lebih kenyang dan bertenaga ketika seharian berpuasa. Konsumsi dua sampai tiga putih telur ketika sahur cukup buatmu kuat ketika berpuasa.

2. Oat

Pertama kali mengkonsumsi oat, pasti banyak dari kamu yang tidak tahan dengan tekstur dan rasanya. Rasa oats memang sangat hambar dan tekstur kurang memikat untuk dimakan. Namun dibalik itu, oats memiliki kandungan serta dan karbohidrat kompleks yang buat kamu tidak mudah lemas, mengantuk, dan lapar seharian.

shutterstock_249309160

Kamu bisa tambahkan yogurt rasa buah favorit dan potongan buah pada oat. Jika tidak suka hidangan manis untuk sahur, kamu bisa menambahkan sayur bayam, potongan ayam atau daging-dagingan segar, bahkan sambal kesukaan. Tidak ada lagi oat yang hambar dan membosankan.

3. Tahu dan Tempe

shutterstock_366957647

Kedua jenis makanan merakyat ini dikenal sangat sehat. Dibuat dari kacang kedelai, tahu dan tempe sangat tinggi kandungan proteinnya dan asam amino yang buat kamu bertenaga dan nggak mudah sakit.

Tidak ada salahnya selalu menyediakan menu tahu atau tempe setiap sahur karena bisa dipastikan kamu akan punya cadangan tenaga lebih banyak seharian.

4. Sayur

Konsumsi sayur penting untuk menjaga tubuhmu agar selalu segar. Sayur mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang senantiasa menjaga pencernaan tetap sehat.

shutterstock_421590460

Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, kacang panjang, kangkung, dan wortel bisa dijadikan variasi hidangan ketika sahur. Dengan andungan serat, vitamin dan mineral yang cukup, maka tubuhmu tidak lagi dehidrasi dan lemas di siang hari.

Comments are closed.

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×