Sepertinya kita nggak akan pernah bosan bahas soal makanan, deh. Setuju? Ditambah lagi, makanan di setiap negara bahkan di setiap tempat terpencil sekalipun punya ciri khasnya masing-masing yang buat kita penasaran pengin coba! Nah, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ASEAN yang jatuh pada tanggal 8 Agustus, yuk kita cari tahu beberapa makanan khas yang dimiliki oleh para negara tentangga ini. Hitung-hitung wisata kuliner kalau nanti traveling ke sana!

Asean-Ambuyat brunei ok

1. Ambuyat ( Brunei Darussalam)

Ambuyat, makanan khas yang paling populer di Brunei ini terbuat dari sagu. Biasanya, ambuyat dimakan bersama saus kental bernama cacah. Ambuyat juga umumnya disajikan dengan beberapa lauk lainnya yang nggak kalah menggiurkan!

 

Asean-Amok kamboja ok

2. Amok ( Kamboja )

Kalau di Kamboja, amok adalah makanan khas andalan penduduk di sana! Bahan dasarnya sendiri berasal dari ikan yang direndam di kuah kari, santan, dan dikukus dengan daun pisang berbentuk perahu. Hmm, mendengarnya aja, jadi pengen nyobain, ya?

 

Asean-gado gado indonesia ok

3. Gado- Gado ( Indonesia)

Siapa sih yang nggak tahu gado-gado? Kalian pasti pernah makan sajian satu ini di kala tanggal tua atau pun baru gajian, dong? Makanan favorit kalian ini berbahan dasar sayuran, yang disiram dengan bumbu kacang. Biasanya ditambah telur rebus untuk pelengkap. Eh, gado-gado juga jadi menu favorit bagi mereka yang lagi diet, lho!

 

Asean-nasi lemak malaysia ok

4. Nasi Lemak ( Malaysia)

Nasi lemak ini tentu saja berbahan dasar nasi, namun memasaknya menggunakan santan dan disajikan bersama teri gurih. Makanan populer khas Malaysia ini dilengkapi juga dengan kacang goreng garing, irisan timun, telur rebus dan sambal.

 

Asean-laksa singapura ok

5. Laksa ( Singapura)

Eits, ini bukan laksa yang sering kalian temuin di Bogor, ya! Laksa ini makanan khas yang dimiliki negara Singapura. Terbuat dari mie yang direndam di kuah kari berbahan santan, yang ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti bakso, telur rebus, maupun ikan.

 

Asean-tom yum thailand ok

6. Tom Yum Goong ( Thailand)

Tom Yum Goong atau yang biasa disebut ‘sup asam pedas dengan udang’ pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, terutama kamu yang hobinya nonton film Thailand. Bahan utama untuk membuatnya adalah serai, lengkuas, daun jeruk purut, kecap ikan, cabai merah, sambal Thai, jeruk limau, jamur dan tomat. Bayangkan makan hidangan segar ini di siang bolong. Mantap!

 

Asean-chicken adobo filipina ok

7. Chicken Adobo ( Filipina)

Makanan yang cukup populer ini biasanya berbahan dasar daging ayam atau daging babi. Namun, kebanyakan orang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya cukup mudah, cukup masukkan daging ayam kedalam panci ditambahkan dengan air, kecap, cuka, paprika dan daun salam lalu direbus sampai daging terasa lembut dan lunak. Jangan lupa tambahkan nasi sebagai pelengkap!

 

Asean-lahpet myanmar ok

8. Lahpet ( Myanmar)

Makanan tradisional Myanmar ini, biasanya disajikan di wadah bernama ‘lahpet ohk’ wadah yang memiliki pembatas di beberapa bagian. Di bagian tengah diisi dengan acar teh dengan minyak wijen, bagian lainnya berisikan bawang putih goreng, kacang-kacangan, wijen panggang, udang kering, parutan jahe dan parutan kelapa yang sudah digoreng.

 

Asean-nem vietnam ok

9. Nem ( Vietnam)

Sebenarnya, Vietnam memiliki banyak makanan tradisional. Tapi, makanan yang satu ini dirasa yang paling disukai oleh masyarakat Vietnam. Bahan utamanya adalah daging cincang, daging kepiting atau udang, jamur, bawang bombay, telur bebek, lada, garam dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Semua bahan tadi diaduk merata sebelum dimasukkan ke dalam kulit luar yang terbuat dari beras dan digulung dengan ukuran kecil. Gulungan ini lalu digoreng di dalam minyak panas. Mirip-mirip risoles gitu, deh.

 

Asean-pho laos ok

10. Pho ( Laos )

Makanan khas negara Laos ini berisikan serai, daun kemangi, bawang putih dan bawang bombay sebagai bumbu utamanya. Bisa dibilang sih, makanan Laos ini adalah salah satu yang paling menyehatkan karena kandungan bahan-bahan alaminya.

Itu tadi adalah beberapa makanan dari negara-negara ASEAN yang pasti kita sudah pernah dengar atau lihat di layar kaca pas nonton film favorit dari negara asalnya. Jadi, mau cobain yang mana dulu nih, guys? Jangan lupa bagi-bagi, ya!

Subscribe to OLX BLOG

Masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di OLX Blog

×